Tanya Dokter

  • Penyebab testis besar sebelah

  • Dok saya ingin menanyakan. Testis sebelah kanan saya jik dilihat lebih besar dari pada yang sebelah kiri. Jika skrotum dalam keadaan longga testis bagian kanan pun lebih besar begitupula jika skrotum mengkerut. Jika dipegang terkadang terasa nyeri pada testis bagian kanan. Hal ini sudah terjadi beberapa tahun belakangan ini. Tolong penjelasannya dok.

     

    Terima kasih

    Halo,

    Pada keadaan normal, ukuran testis normal adalah 3-5 cm (panjang) dan 2-3 cm (lebar). Pembesaran testis pada satu sisi diiringi rasa nyeri mungkin terjadi pada radang testis (orkitis). Penyebabnya dapat berupa infeksi bakteri maupun virus. Orkitis sering diawali infeksi gondongan sebelumnya. Infeksi menular seksual (misalnya: gonore, klamidia) juga dapat membuat seseorang rentan mengalami orkitis.

    Anda dapat menjumpai gejala orkitis seperti ini:

    • nyeri dan bengkak di skrotum
    • sakit kepala dan demam, mudah lelah
    • nyeri saat ejakulasi atau saat BAK
    • kelenjar getah bening membengkak di lipat paha dan menimbulkan nyeri

    Pengobatan orkitis akan disesuaikan dengan penyebabnya. Orkitis akibat infeksi bakteri diobati dengan antibiotik dan orkitis akibat virus akan sembuh sendiri, terkadang perlu dibantu dengan obat pereda gejala (simptomatis).

    Ada kondisi lain yang juga dapat menyebabkan testis besar sebelah:

    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis bedah urologi. Dokter akan memeriksanya dan pemeriksaan tambahan seperti USG skrotum, urinalisis dapat dilakukan untuk mendukung diagnosis.

    Penyebab nyeri pada testis

    Semoga bermanfaat,

    dr.Mira