Tanya Dokter

  • Penanganan yang tepat untuk atasi asam lambung dan wasir

  • Halo dok saya ita. 1. saya ingin bertanya apakah asam bisa di sembuhkan? Bagaimana cara pengobatannya dan terapinya? 2. Bagaimana cara menyembuhkan penyakit ambeyen tanpa operasi? Dengan cara terapi apakah?

    Halo Rosita. Baiklah saya akan menjawab pertanyaan Anda. Penyakit asam lambung atau meningkatnya asam lambung dalam dunia medis disebut juga dengan syndroma dispepsia Syindroma dispepsia merupakan kumpulan gejala yang terjadi akibat peningkatan asam lambung. Dyspepsia syndrome adalah suatu perasaan sakit atau ketidaknyamanan yang terasa disekitar perut bagian atas (ulu hati), namun rasa sakitnya itu tidak mutlak di daerah ulu hati, terkadang bisa di rasakan di perut bawah. Gejalanya biasanya dikuti oleh mual, muntah, nyeri ulu hati terkadang diikuti  juga keadaan fullness (makan cepet kenyang misalnya), perut kembung, dan mual. Pengobatannya adalah dengan mengkonsumsi obat antasida dan penetral asam lambung lainnya. Berikut yang bisa Anda lakukan :

    • Mengonsumsi obat antasida mungkin bisa membantu menetralkan asam lambung, sekaligus mengurangi rasa sakit. Anda bisa mengonsumsinya 60 menit setelah makan dan sebelum tidur sebanyak 1-2 sendok makan atau satu tablet. Lebih disarankan untuk mengonsumsi obat antasida cair ketimbang tablet.
    • Saat mengalami sakit di ulu hati, coba konsumsi makanan yang ringan. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol, kafein, dan makanan yang dapat mengiritasi perut.

    Bila sakit Anda semakin meningkat setiap harinya sebaiknya periksakan diri kedokter agar didapatkan pengobatan yang lebih tepat. Ambeyen atau wasir merupakan pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang terkena wasir berada di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus. Pengobatan ambeyen tergantung dari tingkatannya. Bila ambeyen yang terjadi sudah membesar dan keluar sebaiknya memang dilakukan operasi. Namun apabila masih dalam tingkatan ringan maka dapat diminimal dengan minum obat antihemoroid dan perubahan pola hidup dan makan. Yang dapat Anda lakukan adalah :

    • makan tinggi serat seperti sayur dan buah
    • hindari BAB mengedan terlalu lama
    • Bila BAB keras anda bisa menggunakan obat pencahar untuk melunakkan feses
    • minum air minimal 2 liter/hari

    Jika perubahan pola makan dan pengobatan tidak memberikan hasil, dokter akan merujuk kepada dokter spesialis. Dokter spesialis bisa memastikan apakah Anda menderita hemoroid dan menyarankan penanganan yang tepat. Prosedur tanpa operasi seperti pengikatan atau skleroterapi akan disarankan.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S