Tanya Dokter

  • Pembengkakan daging di dalam hidung dan sulit bernapas merupakan gejala apa?

  •  Mawan Coffee
    Anggota

    Permisi Dok mau nanya, hidung saya ada bengkak daging Dok, 3 bengkak di dalamnya, jadi sulit bernafas, bergantian bengkak, kadang juga redah, tenggorokan juga timbul daging kecil yang tumbuh, sering berlendir getah juga tenggorokan, itu sakit apa Dok? Dan obatnya apa?

    Halo,   Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa benjolan yang Anda keluhkan. Karena pemeriksaan fisik akan diperlukan untuk mendiagnosa secara tepat keluhan benjolan Anda. Beberapa kemungkinan benjolan yang ada pada hidung Anda bisa diakibatkan karena :

    1. Rhinitis vasomotor
    2. Rhinitis atopi.
    3. Flu
    4. Polip.
    5. Tumor
    6. Kanker.
    7. dll.
    Sementara daging tumbuh pada tenggorokan bisa disebabkan karena :
    1. Infeksi virus
    2. Tumor
    3. Tanda awal kanker
    4. dll.
    Untuk memastikan benjolan dan daging tumbuh yang Anda maksud maka pemeriksaan fisik secara langsung akan diperlukan. Dokter THT akan memeriksa Anda dengan seksama dan melakukan pemeriksaan lain seperti tes darah, biopsi benjolan dan "daging tumbuh", CT SCAN, Laringoskopi dll untuk melihat dan memastikan apa penyebab benjolan dan "daging tumbuh" tersebut. Penanganan akan disesuaikan dengan penyebab keluhan Anda. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang Anda rasakan Anda dapat melakukan :
    1. Menghidu uap panas untuk melegakan saluran pernafasan dan rongga hidung Anda.
    2. Memberikan obat tetes hidung menggunakan normal saline yang tersedia di pasaran.
    3. Menghindari faktor alergen (jika ada)
    4. Banyak minum air putih
    5. Istirahat cukup.
    6. Makan makanan bergizi.
    7. Olahraga teratur.
    Jika keluhan berlanjut > 2 minggu tanpa perbaikan disertai dengan penurunan berat badan, sakit sat menelan yang tidak sembuh sembuh dan ada benjolan di leher maka segera hubungi dokter terdekat. Semoga membantu.   dr. Yusi