Tanya Dokter

  • Solusi atasi rasa ingin muntah setelah konsumsi obat tifus

  • selamat malam. dok saya mau bertanya. sudah 2 kali saya cek darah plus tipes. hasilnya sama. saya positif tipes. untuk hasilnya: salmonella o 1/80 dan untuk salmonella h 1/320. yang ingin saya tanyakan:

    1. menurut dokter dengan hasil widal test seperti itu bagaimana?

    2.  sampai sekarang lambung saya masih sakit.

    3. setiap minum obat rasanya pengen muntah. menurut dokter bagaimana?

    apakah harus rawat inap di rumah sakit?

    Halo Setri,

    Demam typhoid atau tifus adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh masuknya bakteri Salmonella typhii ke dalam saluran cerna melalui makanan yang terkontaminasi. Untuk mendiagnosis penyakit ini diperlukan beberapa gejala yang muncul yang ditunjang dengan pemeriksaan laboratorium yang positif terinfeksi penyakit ini.

    Tes widal adalah pemeriksaan lab yang dapat mengetahui apakah seseorang positif terinfeksi atau tidak, namun hasilnya tidak seakurat pemeriksaan TUBEX. Diperlukan peningkatan nilai melebihi 4x normal apada uji tes widal atau nilai s. typhii O dan H melebihi 1/320, namun hal ini juga ditunjang dengan gejala yang muncul. Baca mengenai gejala tifus.

    Apabila keluhan ini sudah berlangsung beberapa hari, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Dokter akan menentkan langkah penanganan apakah perlu perawatan di rumah sakit atau tidak. Nyeri pada ulu hati dapat disebabkan oleh banyak faktor, dan keluhan ini seringkali menyertai penyakit apapun yang sedang dialami. Masalah pada lambung itu sendiri maupun penyakit lain yang mendasari perlu ditunjang dengan pengaturan pola makan untuk kesembuhan. Simak ulasan tentang nyeri ulu hati.

    semoga bermanfaat,

    dr. Tantya