Tanya Dokter

  • Penanganan tepat untuk penyakit tiroid

  • Selamat Pagi Dokter,

    Dok saya punya thyroid 2, di kiri dan kanan, kemarin saya konsultasi dengan dokter untuk tidakan operasi lalu dokternya bilang bahwa thyroidnya diangkat 1 saja.

    Pertanyaan saya, apakah aman kalau hanya diangkat satu saja, lalu apa dampaknya kalau diangkat dua-duanya dan apa dampaknya pula kalau hanya diangkat 1 saja.

    Demikian pertanyaan saya, terima kasih.

     

    Salam,

    -tesa-

    Hi

    Terima Kasih telah bertanya di alodokter. Penyakit Tyroid merupakan penyakit pada kelenjar tiroid sendiri, entah produksi berlebih (hipertiroid )atau kekurangan (hipotiroid)

    Penyakit tiroid biasanya di diagnosis berdasarkan gejala ( berdebar-debar, cepat berkeringat, penurunan berat badan, dll pada kelenjar tiroid yang berlebihan) lalu dilakukan pemeriksaan seperti USG, pemeriksaan hormon tiroid

    Jika Diagnosis sudah dapat dipastikan biasanya dilakukan pengobatan yang dapat berupa :

    1. terapi obat-obatan
    2. terapi radioaktif/ ablasi iodium
    3. Operasi

    Biasanya Prosedur operasi dilakukan untuk mengangkat kelenjar tiroid yang membesar , atau terdapat benjolan di dalam kelenjar. kalau kelenjar tiroid diangkat 1 berarti tubuh masih memiliki fungsi untuk masih bisa(tergantung jumlah produksi) menghasilkan hormon tiroid yang berguna untuk metabolisme tubuh secara keseluruhan, namun kalau diangkat semua berarti tubuh memerlukan bantuan pasokan hormon tiroid dari luar yang biasanya dengan obat hormon tiroid.

    Biasanya setelah operasi dokter akan melakukan serangkain pemeriksaan untuk memastikan fungsi kelenjar tiroid jika diperlukan. 

    Berikut Informasi yang dapat membantu :

    1. https://www.alodokter.com/penyakit-tiroid
    2. https://www.alodokter.com/jangan-sampai-kelebihan-atau-kekurangan-hormon-tiroid

    Semoga informasi bermanfaat, salam dr Celleen