Tanya Dokter

  • Susah gemuk dan cara mengatasinya

  •  fajarmink
    Anggota

    assalamualaikum dok, saya mau bertanya apakah ada masalah pada tubuh saya karena sejak kecil hingga sekarang tubuh saya tidak bisa gemuk

    Halo, terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berat badan ideal yang sesuai dengan tinggi badan Anda menggunakan IMT (Indeks Massa Tubuh) sebelum mencoba untuk menambah berat badan. Cara untuk menghitung IMT adalah:

    IMT = Berat badan (kg) / Tinggi badan (m) / Tinggi badan (m)

    Penjelasan hasil IMT:

    > 25                 : Obesitas

    23 - 24.9          : Overweight atau kelebihan berat badan dan mengarah ke obesitas

    18.5 - 22.9       : Normal

    <18.5               : Underweight atau berat badan dibawah normal

    Jika IMT Anda termasuk dalam underweight atau berat badan dibawah normal dan mengalami kesulitan untuk menambah berat badan, dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

    • Faktor genetik, yaitu Anda memiliki perawakan yang kurus sejak dahulu dan dapat merupakan turunan dari orang tua Anda, serta metabolisme tubuh yang tinggi
    • Aktif beraktivitas, jika Anda lebih aktif dibandingkan orang pada umumnya seperti berolahraga secara berlebihan juga akan membakar kalori yang banyak
    • Masalah psikologis, seperti stres dan kecemasan juga dapat menganggu kebiasaan makan dan membuat sulit untuk menambah berat badan
    • Penyakit tertentu, seperti kencing manisgangguan tiroid, gangguan pencernaan, cacingan dan kanker juga dapat menyebabkan berat badan sulit untuk bertambah
    • Obat-obatan, seperti obat-obatan kemoterapi dan lain sebagainya

       

      Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu ke Dokter, untuk mengetahui penyebab jika berat badan Anda berada dibawah normal yang agar dapat dilakukan pemeriksaan dan pengobatan secara tepat. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan secara menyeluruh. Kemungkinan akan dilakukan pemeriksaan darah pada laboratorium jika diperlukan.

      Hal yang dapat Anda lakukan untuk saat ini antara lain:

      • Makanan makanan yang bergizi dan berkalori tinggi, seperti menambahkan kacang-kacangan, telur dan lain sebagainya pada makanan
      • Menambah jumlah makan dalam sehari
      • Cukupi kebutuhan cairan sehari-hari
      • Mengelola stres dengan baik
      • Hindari rokok dan minuman beralkohol
      • Berolahraga secara rutin
      • Istirahat yang cukup

         

        Baca juga artikel mengenai Makanan Penambah Berat Badan

        Semoga bermanfaat.

        Salam,

        Dr. Christian Haryanto