Tanya Dokter

  • Tidak bisa membuka mulut dan rahang

  •  Aam Aminah
    Anggota

    Selamat pagi dokter,

    Berawal dari sakit gigi dan hanya diobati dengan obat2 warung. Sampai tdk sadar saat ingin cabut gigi, rahang tidak bisa terbuka lebar, hanya bs terbuka 3 jari sehingga pencabutan gigi tdk bisa dilakukan. Apa yg sebenarnya terjadi dengan kondisi sprt itu dok, krn hingga kini keadaannya semakin parah, menjulurkan lidah keluar saja tdk bisa bahkan utk menggerakkan bibirpun terasa kaku.

    Mohon penjelasannya dok, dan kemana sebaiknya pemeriksaan dilakukan?

    Terima kasih.

    Hai, Kemungkinan Anda mengalami kondisi yang dinamai trismus. Dan dari kondisi Anda sebelumnya yaitu sakit gigi, kemungkinan trismus ini disebabkan oleh:

    • Ketegangan otot akibat nyeri
    • Gangguan persendian rahang
    • Infeksi yang telah menjalar jauh, menyebabkan abses rahang (pernanahan)
    • Tetanus
    Anda sebaiknya segera mengunjungi UGD Rumah Sakit untuk diperiksa Dokter karena biasanya ini merupakan kegawatdaruratan medis. Anda juga mungkin akan memerlukan pemeriksaan tambahan berupa pemeriksaan darah dan CT-Scan kepala-leher. Kondisi trismus yang dibiarkan berlama-lama dapat mengganggu proses makan dan dikhawatirkan penyebab trismus (seperti abses/pernanahan) bisa menutupi jalan nafas. Penanganan utama di sini adalah untuk menjaga jalan nafas agar tetap terbuka. Bila penyebabnya adalah abses, akan dilakukan operasi untuk mengalirkan nanah sehingga pembengkakan diharapkan berkurang dan tidak sampai menutupi jalan nafas. Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma