Tanya Dokter

  • Tidak bisa tidur dalam masa penyembuhan

  • Dok, nama saya Bida, usia 18 tahun. Sebelumnya saya sempat dirawat di rumah sakit karena DB. Pada saat masuk, trombosit saya 78rb, kemudian sempat jatuh hingga hanya mencapai 10rb. Kemudian setelah 1 minggu perawatan di rumah sakit, trombosit saya naik secara bertahap hingga mencapai 48rb dan setelah itu saya diizinkan pulang dan diberikan waktu untuk istirahat total selama 4 hari. Namun setelah pulang, saya justru menjadi tidak bisa tidur sama sekali dok. Setelah 2 hari tidak tidur, saya kembali ke dokter dan diberi obat penenang. Akhirnya saya bisa tidur selama beberapa jam. Namun setelah itu saya kembali tidak bisa tidur dok. Kemudian saya melakukan kontrol dan cek darah, ternyata trombosit saya menjadi 530rb dok. Jadi selama beberapa hari saya tidak bisa tidur, trombosit saya meningkat secara signifikan Dok. Dan hingga sekarang saya masih mengalami gangguan tidur Dok. Mohon bantuannya

    Hi,   Insomnia adalah suatu kondisi dimana seseorang susah untuk jatuh tertidur atau bisa tertidur namun mudah terbangun dan kemudian susah untuk tidur kembali. Kondisi ini banyak menimpa masyarakat jaman sekarang. Penyebab insomnia sangat bervariasi yaitu :

    1. Depresi.
    2. Terlalu banyak tidur di siang hari
    3. Kurangnya aktivitas pada siang hari
    4. Obat obatan
    5. Stress.
    6. Terlalu excited akan sesuatu yang akan dilakukan besok hari.
    7. Perbedaan waktu
    8. Dll
    Untuk mencari tahu penyebab susah tidur Anda maka seorang dokter perlu memeriksa secara seksama dan teliti serta mengambil riwayat penyakit yang cukup signifikan dan detail. Kadang diperlukan juga bantuan psikiater. Namun sebelum Anda melanjutkan pemeriksaan , Anda bisa mencoba beberapa langkah berikut ini untuk membantu Anda lebih mudah tertidur pada malam hari dengan cara :
    1. Relaksasi dengan melakukan pijatan / massage, aromaterapi, yoga, pilates, mendengarkan musik yang menenangkan dll.
    2. Minum susu hangat sebelum tidur.
    3. Hindari mengkonsumsi kopi, teh, alkohol.
    4. Mandi hangat dan berendam kurang lebih 15 menit.
    5. Membaca buku.
    6. Menyiapkan kamar menjadi tempat yg nyaman.
    7. Matikan lampu.
    8. Atur suhu ruangan tdk terlalu dingin dan tdk terlalu panas.
    9. Hindari makan terlalu berat / kenyang menjelang tidur.
    10. Lakukan aktivitas saat siang hari.
    11. Jangan tidur siang terlalu lama.
    12. Olahraga ringan dan rutin.
    Jika beberapa langkah ini tidak bisa mengembalikan kebiasaan tidur Anda maka berkonsultasilah kembali dengan dokter yang merawat Anda. Baca artikel Menyiasati Insomnia di SINI. Semoga membantu.   Dr. Yusi