Tanya Dokter

  • BAB bayi hijau setelah konsumsi tinja

  • Dok, saya mau tanya Saya punya bayi berusia 3 bulan Bayi saya , saya kasih sufor SGM tp muntah terus Kemudian skrg saya ganti sufor bebelac malah tinja yg di keluarkan warna hijau Apa anak saya tidak cocok dengan sufor tersebut dok ? Minta sarannya dok Trma kasih

    Halo Non Tria Triakuhh, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Tidak cocok dengan susu atau alergi susu memang tidak jarang terjadi pada bayi yang diberikan susu formula, terutama yang berbasis susu sapi. Bayi yang minum ASI bisa juga mengalami alergi susu bila ibunya meminum susu sapi atau produk olahan susu sapi secara rutin dan bayi meminum protein susu sapi yang masuk ke ASI, namun kejadian ini lebih jarang terjadi.

    Gejala-gejala pada alergi susu dapat terjadi segera setelah meminum susu, bisa juga terjadi beberapa jam hingga beberapa hari setelahnya. Berikut ini adalah beberapa gejala yang dapat langsung terjadi segera setelah meminum susu:

    1. Gangguan pencernaan
    2. Muntah
    3. Mencret
    4. Sesan nafas dan mengi
    5. Batuk
    6. Suara serak
    7. Mata bengkak, merah, dan gatal
    8. Kemerahan yang menimbul pada kulit disertai dengan gatal
    9. Bintik-bintik kemerahan pada kulit
    10. Bengkak pada mulut dan lidah

     

    Beberapa gejala alergi  yang tidak langsung terjadi setelah meminum susu (terjadi beberapa jam hingga beberapa hari setelah meminum susu):

    1. BAB encer, berwarna hijau, kadang disertai darah
    2. Kolik (nyeri perut)
    3. Kembung dan muntah
    4. Rewel saat minum atau menyusu
    5. Anak rewel dan sulit ditenangkan
    6. Ruam pada kulit

     

    Bila anda mencurigai anak anda mengalami alergi susu dari gejala-gejala di atas, sebaiknya anda segera memeriksakan anak anda ke dokter anak. Dokter anak dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan ada tidaknya tanda-tanda alergi susu pada anak anda. Sementara itu beberapa hal yang dapat anda lakukan:

    1. Anda dapat memberikan ASI yang biasanya lebih aman dan dapat ditoleransi lebih baik oleh pencernaan bayi serta memiliki manfaat jauh lebih banyak dibandingkan susu formula.
    2. Anda dapat mengusahakan pemberian donor ASI bagi anak anda.
    3. Bila memang anda tidak dapat memberikan keduanya, anda dapat mencoba untuk mengganti susu formula dengan susu yang berbahan dasar susu kedelai (soy based).

     

    Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

     

     dr. Irna Cecilia