Tanya Dokter

  • Tidak haid setelah mengganti alat kontrasepsi

  • Pagi dok.. Saya ingin bertanya. Sebelumnya saya menggunakan alat kontrasepsi suntik yg 3 bulan. Lalu bulan september kemarin tepatnya tgl 27 september jadwal saya melakukan suntik lagi, tapi saya memutuskan ingin beralih dulu dengan menkonsumsi pil KB,alasannya karena selama KB suntik saya hanya mendapat haid sedikit2 tp dlm jangka waktu lama bisa nyampe 8-9 hari. Dan kebetulan pas tgl 27 september tersebut saya mendapat haid hari pertama,dan kebetulan di pil KB tersebut tertera bahwa "mulailah di bagian lingkaran merah sesuai hari pertama menstruasi" jadi menurut saya pas banget. Tapi setelah saya konsumsi selama bulan oktober saya tidak mendapat haid. Pertanyaannya kenapa ya dok, apakah karena ada pengaruh dari pil KB nya atau bagaimana?? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Pil KB merupakan salah satu jenis dari kontrasepsi hormonal dimana mengandung hormon progesteron atau kombinasi antara hormon progesteron dan estrogen. Biasanya efek samping dari pil KB hormonal ini justru adanya pendarahan diluar siklus menstruasi. Namun terkadang memang pada beberapa orang terjadi keterlambatan dari siklus menstruasinya. Beberapa penyebab lain dari keterlambatan menstruasi yang mungkin terjadi adalah:

    1. Kehamilan atau dalam masa menyusui
    2. Stress
    3. Perubahan pola makan
    4. Olahraga terlalu berat atau terlalu sering
    5. Obesitas atau kegemukan

    Jadi sebaiknya bila memang sudah mengalami keterlambatan menstruasi, lakukanlah pemeriksaan dengan testpack untuk menyingkirkan kemungkinan kehamilan. Karena walaupun menggunakan kontrasepsi, kehamilan kadang masih terjadi. Selain itu, berkonsultasilah dengan dokter spesialis kandungan bila:

    • Siklus menstruasi Anda kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari
    • Durasi menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari
    • Mengalami nyeri yang tidak tertahankan pada saat menstruasi
    • Mengalami pendarahan diluar siklus menstruasi
    • Berhenti menstruasi selama 12 bulan berturut-turut

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, Semoga bermanfaat

    Sebagai informasi tambahan, Anda dapat membaca artikel berikut: Tanda kehamilan yang wajib diketahui

    dr. Winda Indriati