Tanya Dokter

  • Dampak bayi tidak diimunisasi hepatitis B

  •  Sitta.H
    Anggota
    Sore dok, saya mau nanya tentang imunisasi hepatitis b (hepB 0), pada tgl 11 saya melahirkan anak laki2 pertama saya melalui operasi Caesar, setelah selesai di rawat saya bertanya tentang imunisasi, dan jawaban dokternya anak saya tidak diberikan imunisasi hepB0 karena bayi saya kuning, sedangkan menurut info hepB0 harus diberikan 12 jam setelah bayi lahir atau sebelum 7 hari, sekarang usia bayi saya sudah hampir 10 hari dan kadar bilirubinnya naik dari awal lahir 12,6 mg sekarang 13,8 mg dan sedang di fototerapi.. Pertanyaan saya; 1. Apakah tidak apa2 bayi saya tidak di berikan HepB0 sampai saat ini?? 2. Kalau bayi kuning tidak boleh di berikan imunisasi hepB0, lalu kapan bayi saya harus di berikan imunisasi hepB0 sedangkan usianya sekarang 10 hari?? 3. Apakah boleh bayi di berikan imunisasi hepB0 lebih dari usia 7 hari?? 4. Apakah tidak di berikannya hepB0 ini menjadi penyebab bayi saya kuning?? 5. Apakah boleh setelah selesai fototerapi langsung diberikan imunisasi hepB0?? Terima kasih dok

    Halo, Sitta H.

    Imunisasi hepatitis B merupakan jenis vaksin yang diberikan untuk memberikan kekebalan tubuh terhadap infeksi virus Hepatitis B, di mana virus ini merupakan jenis virus yang dapat menyebabkan peradangan pada liver (hati) dan dapat berisiko menyebabkan kanker liver.

    Penularan virus hepatitis B adalah dengan melalui kontak dengan darah penderita, misalnya pada saat proses melahirkan baik secara normal maupun caesar, penggunaan jarum suntik, penggunaan alat-alat medis, penularan lewat transfusi darah dan lain-lain.

    Untuk pemberian imunisasi hepB0 sendiri, memang dianjurkan untuk diberikan pada bayi usia 0 bulan, karena ketika bayi dilahirkan, setiap bayi memiliki risiko infeksi hepatitis B pada saat proses kelahiran baik, oleh karena itu baiknya diberikan imunisasi hepB0 pada 24 jam pertama pasca kelahiran, dengan pemberian ulangannya pada saat usia 1 bulan dan 6 bulan.

    Namun apabila terdapat hal-hal yang menyebabkan imunisasi tidak dapat diberikan, maka sebaiknya tetap diberikan imunisasi sedini mungkin. Pada dasarnya, imunisasi hepatitis B dapat diberikan pada siapapun pada umur berapapun dengan aman, asal kadar HbsAg tidak positif. Lebih jauh mengenai kasus anak Anda, kami menyarankan Anda untuk dapat berkonsultasi dengan dokter anak Anda untuk menentukan rencana imunisasi yang tepat.

    Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.

    dr Taneya Putri Zahra