Tanya Dokter

  • Terlambat haid disertai badan nyeri setelah pemasangan KB implan

  •  Intan Ar
    Anggota
    Salam kenal dok. Saya melahirkan anak pertama secara cesar tgl 26 feb 2017, lalu saya pasang KB implan tgl 8 april 2017. Sampai sekarang udah masuk bulan november saya belum dapat haid, di tespek pun hasilnya negatif. Apa itu normal dok? Saya takut ada efeknya. Badan rasa nya pada sakit, muka berjerawat & kadang sering emosian itu ada pengaruhnya dari tidak haid bukan dok? Apa KB nya tidak cocok atau gimana ya? Bagaimana solusi nya? Apakah lanjut pakai KB implan atau ganti KB saja? Trims.

    Halo Intan,terimakasih telah menggunakan jasa konsultasi alodokter. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai Kb implan,Kb implan berupa garis atau tabung tipis dari plastik yang mengandung hormon progesteron . fungsi Kb ini adalah mencegah pembuahan dengan cara menebalkan lendir pada leher mulut rahim dan sulit untuk dibuahi.
    Kb implan memiliki beberapa keuntungan dan kerugian,keuntungannya sebagai berikut:
    1. Mudah
    2. Keefektifan yang tinggi
    3. Biaya yang murah
    Kekurangan Kb implan adalah sebagai berikut:
    1. Efek samping bagi pengguna: Perdarahan tidak teratur seperti yang anda alami,efek-efek  perubahan hormonal seperti obesitas,jerawat,perubahan mood.
    2. Tidak melindungi terhadap penyakit menular seksual
    3. Kontraindikasi terhadap pengidap penyakit tertentu (hipertiroid,Diabetes,osteoporosis)
    Pada kasus anda,penggunaan Kb implan dapat mempengaruhi siklus menstruasi yang memanjang. meski siklus menstruasi juga dapat dipengaruhi faktor lain seperti aktifitas fisik berlebihan,olahraga terlalu banyak,kurangnya supan makanan,obesitas,stress,dll. Serta hal ini juga dapat mempengaruhi hal lain seperti gejala yang anda rasakan seperti berjerawat dan perubahan mood. Sangat disarankan anda berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan,agar dapat diberikan saran serta penanganan atas keluhan anda,salam dr. Celleen