Tanya Dokter

  • Tidak menstruasi setelah penggantian KB

  •  Ndank Emotion
    Anggota
    Slamat malam dok....sya mw tanya, sya ibu 1 anak dan umur anak sya 5 tahun ...stelah mlahirkan dulu sya ikut KB awalx KB implan 2 thun karna tdak dtang bulan sy ganti k KB suntik 3 bulan .. tp knpa sampe skRang sy tdak pernah dtang bulan ya dok ????

    Halo,

    Kb suntik 3 bulan termasuk ke dalam kontrasepsi hormonal. KB suntik 3 bulan mencegah kehamilan dengan cara memodifikasi hormon reproduksi Progesteron.

    Kandungan dari kontrasepsi suntik 3 bulan adalah Progestin, yaitu hormon mirip progesteron yang diproduksi ovarium. Fungsi Progestin adalah menghentikan pelepasan sel telur ke dalam rahim dan menipiskan dinding rahim sehingga mencegah terjadinya pembuahan. Selain itu mempengaruhi kondisi liang vagina dan rahim, sehingga sperma kesulitan membuahi sel telur.

    Kontrasepsi suntik 3 bulan memiliki beberapa efek samping, salahsatunya memang perubahan pola menstruasi (dapat berupa keluar bercak-bercak perdarahan atau bahkan tidak menstruasi sama sekali). Efek samping lainnya, yaitu kenaikan berat badan, sakit kepala, nyeri payudara, diduga mengurangi kepadatan tulang selama kontrasepsi digunakan.

    Bila Anda menginginkan kontrasepsi yang tidak mempengaruhi siklus menstruasi, sebaiknya pilih kontrasepsi non hormonal seperti metode KB alamiah, penggunaan kondom pria dan KB steril (vasektomi/tubektomi).

    Sebaiknya Anda melakukan konsultasi untuk menentukan metode KB yang cocok untuk Anda dan pasangan serta tidak mengganggu keseimbangan hormon reproduksi Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan medis yang meliputi tanya jawab medis yang detail mengenai siklus menstruasi, riwayat penyakit dahulu dan keluhan yang dirasakan sehubungan dengan organ reproduksi.

    Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik yang menyeluruh terutama pemeriksaan kondisi organ reproduksi. Bila diperlukan Dokter akan melakukan USG perut/transvaginal untuk melihat kondisi rahim, serta pemeriksaan darah. Dokter akan menyingkirkan kondisi-kondisi yang tidak dianjurkan menggunakan kontrasepsi suntik 3 bulan seperti diabetes melitus yang tidak terkontrol, obesitas yang memiliki komplikasi penyakit, memiliki riwayat migrain, gangguan hati, gangguan pembekuan darah, memiliki riwayat penyakit jantung, pendarahan vagina di luar masa menstruasi,  kanker payudara, dan memiliki risiko tinggi mengalami osteoporosis.

    Baca disini mengenai Metode KB suntik 3 bulan dalam artikel Alodokter dengan klik di sini .

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.