Tanya Dokter

  • tidak haid selama 1 tahun

  •  aline
    Anggota

    Dok, sya pndatang baru. Sya mw tanya kenapa setelah kb suntik saya tidak haid selama 1 tahun .. Apa ada pnyakit apa gmna ..

    Halo,   KB jenis suntik memang memiliki efek samping menyebabkan kondisi amenore yaitu tidak datangnya haid selama masa penggunaan KB dan selepas menggunakan KB selama beberapa saat. Jika Anda telah menggunakan KB jenis suntik ini selama > 1 tahun secara terus menerus maka biasanya tubuh memerlukan waktu adaptasi kembali untuk mengembalikan fungsi hormonal yang normal dan mengembalikan siklus menstruasi seperti biasanya. Waktu yang  diperlukan tubuh untuk mengembalikan siklus haid Anda sangat bervariasi tergantung dari kondisi masing masing individu dan seberapa lama Anda menggunakan KB. Namun selain penggunaan KB, kondisi Amenore ini juga bisa disebabkan karena :

    1. Menopause.
    2. Sindrom polikistik Ovarii.
    3. Gangguan hormonal.
    4. Tumor pada hipofise anterior (prolaktinoma)
    5. Menyusui.
    6. Stress psikis
    7. Efek obat tertentu.
    8. dll
    Untuk memastikannya maka sebaiknya And a melakukan pemeriksaan fisik secara langsung kepada dokter kandungan, dengan demikian maka dokter dapat memeriksa Anda dengan seksama dan melakukan tes medis lain seperti pemeriksaan darah, USG, CT SCAN dll. Penanganan akan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan. Baca topik Amenore. Untuk  mencoba siklus haid Anda datang dengan normal maka beberapa cara dibawah ini bisa Anda coba :
    1. Olahraga ringan secara rutin.
    2. Istirahat cukup.
    3. Hindari stress dan kelola stress Anda.
    4. Makan gizi seimbang.
    5. Relaksasi = yoga , meditasi, massage.
    Semoga membantu.   dr. Yusi

    Halo,   Sedikit tambahan mengenai suntuk KB dapat Anda baca pada laman berikut ini.

    Terimakasih.