Tanya Dokter

  • Tidak haid setelah suntik kb 3 bulan

  • Hai dok, nama aku rita Sya tidak ada haid selama setahun 2bln, trakhir cuma nifas stelah melahirkan 3bln kmudian sya suntik 3bln, dan cuma 2 kali suntik Sebulan kmudian sya memakai pil kb yg menyusui dan sya tidak ada menstruasi smpai skrg, ank sya sdh brumur setahun 2bln Apakah tidak papah dok jika tidak haid selama itu? Tolong dijawab ya dok. Trims

    Hai Salah satu efek samping yang paling sering dikeluhkan pada pengguna KB suntik 3 bulan adalah tidak haid. Efek ini umumnya terjadi pada penggunaan jangka panjang, dimana awal penggunaan biasanya menstruasi justru tidak teratur dan lebih sering, setelah penyuntikan beberapa kali di jadwal selanjutnya justru tidak terjadi haid sama sekali. Ini merupakan hal normal yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal akibat efek dari hormon suntik KB tersebut. Tidak menstruasi ini dapat tetap terjadi walaupun suntik KB 3 bulan dihentikan, semakin lama waktu penyuntikan semakin lama juga kembalinya haid dan juga dengan begitu semakin lama juga kembalinya masa subur. Haid akan kembali teratur setelah tubuh beradaptasi sehingga hormon tubuh kembali seimbang, lama adaptasi ini dapat berbeda antar tiap wanita. Untuk memastikannya sebaiknya Anda memeriksakan dahulu ke dokter, bila perlu dokter melakukan pemeriksaan USG untuk melihat apakah adanya kelainan pada rahim atau indung telur, misal seperti kista ovarium, dsb. Bila dari hasil pemeriksaan menunjukan normal, maka memang kemungkinan akibat ketidakseimbangan hormon, dokter biasanya memberikan obat hormon untuk penyeimbang hormon sehingga dapat "memancing" terjadinya haid. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Menimbang kelebihan dan kekurangan KB suntik. Ternyata ini penyebab haid yang tidak lancar. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william