Tanya Dokter

  • tidak haid setelah suntik KB 3 bulan

  • siang alodokter saya mau tanya, saya udah menikah dan sudah punya anak juga tapi masih satu sih. dan setelah melahirkan anak saya yang pertama ini saya langsung sintik KB 3 Bulan, namun setelah suntik KB 3Bulan, kenapa ya saya kok gak mengalami haid?

    pertama kali saya suntik KB 3Bulan itu setelah saya melahirkan yaitu tgl 22 Oktober 2017 dan selama itu saya belum sama sekali mengalami haid sampai suntik KB 3Bulan untuk kedua kalinya.

    apakah ini tidak masalah ya, dan saya gak hamil kan?

    Tolong Konfirmasinya?

    Halo Marwa,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Suntik KB 3 bulan merupakan salah satu kontrasepsi yang sering digunakan setelah melahirkan. Suntik KB 3 bulan berisi hormon sintetik progesteron yang berfungsi mencegah kehamilan dengan  menghambat ovulasi, membuat cairan vagina menjadi lebih kental sehingga sperma sulit masuk, dan membuat dinding rahim lebih tipis sehingga bila terjadi pembuahan, hasil pembuahan ini tidak dapat melekat dan berkembang di rahim. Suntik KB 3 bulan memiliki beberapa efek samping, salah satunya adalah gangguan menstruasi. Gangguan menstruasi yang terjadi pada tiap pengguna pun berbeda-beda mulai dari menstruasi menjadi lebih banyak, perdarahan di luar menstruasi, atau menstruasi yang berhenti. Dengan demikian, jika Anda tidak mengalami menstruasi maka ini merupakan efek samping dari suntik KB.

    Silakan Anda menjalani suntik KB sesuai jadwal yang dianjurkan dokter agar efek perlindungan terhadap kehamilan terus terjaga. Jika efek samping ini nantinya mengganggu atau mengkhawatirkan Anda, silakan Anda kembali berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan informasi mengenai alat kontrasepsi yang paling sesuai dengan Anda.

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia