Tanya Dokter

  • tidak menstruasi setelah mengkonsumsi pil KB

  • Saya mau Tanya dok,Usia saya 23 setelah melahirkan 2 th yang lalu.sudah hampir setahun terakhir saya tidak memakai alat kontrasepsi apapun,terakhir saya minum pil KB. Hingga saat ini saya tidak pernah mendapat haid,namun tidak juga hamil?apakah Ada yg salah dengan kondisi tubuh saya,dan apa penyebab saya tak kunjung mendapat haid lagi?

    Halo. Amenore, adalah kondisi dimana seorang wanita tidak mengalami haid. Amenore sekunder adalah kondisi dimana seorang wanita yang sebelumnya sudah mengalami menstruasi, tidak mengalami menstruasi selama 3 bulan atau lebih. Amenore pada akseptor kontrasepsi terjadi karena ketidakseimbangan hormon, menyebabkan endometrium mengalami perubahan histologi berupa degenerasi atau atropi. Amenore sekunder, dapat disebabkan karena kelainan pada:

    • Hipotalamus, misalnya akibat adanya tumor, gangguan psikis (stres, cemas, anoreksia, bulimia), obat-obatan, psikogenik, infeksi otak, kelainan bawaan, exercise yang berat, hipotiroidisme
    • Hipofisis, misalnya akibat kelebihan produksi hormon kortisol, maupun psikogenik
    • Ovarium, misalnya karena menopause prekoks, sindroma ovaarium resisten gonadotropin, PCOS
    • Uterus/ rahim, misalnya karena perlengketan endometrium, TBC endometrium, dan endometrium yang resisten terhadap hormon
    Untuk menentukan penyebab dan mengatasi keluhan yang Anda rasakan, sebaiknya Anda mengunjungi dokter kandungan. Dokter akan menggali lebih lanjut mengenai kondisi Anda, melakukan pemeriksaan, kemudian menentukan penanganan yang tepat, sesuai dengan kondisi pasien. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha

    Terimakasih dok,atas jawabannya

    Racheliazahra Thea  Dewi Andini
    Anggota

    maaf dok seblum ny saya lewat akun ini,, tolong d jawab cepet yah dok,, soalny ini penting,, dok saya minum obat td pagi jam 9,obat yg saya minum ISONiAZID,,tp barusan jam 10 sy muntah,obat itu udah mengendap apa blom dalam tubuh,soal nyakan sya tidak boleh trlewat minum obat,trus yg brusan sya muntah bnyak gmna dok ,apa yg hrus sya lakukan,apa sya minum obatny lg pa minum obat yg siang jam 12, ETHAMBUTOL,,bagai mna dok,, tolong d jawab cepat, trimalasih