Tanya Dokter

  • tidak mau BAB dan susah BAK

  • Selamat pagi dok,anak sy berusia 14bln.saat ini dia mulai belajar berjalan pd hri sbtu 22/8 dy tdk sngaja trjatu saat berjalan.krn tkut ad yg trkilir lalu sy meminta tkg pjit untuk mmijatnya.kemudia hri senin dia demam dan diare.saya memeriksakan ke bidan setempat dan diberi obat.sekarang dia sudah tidak diare dan demam.tapi anehnya smenjak hari selasa dia tidak buang air besar.intensitas buang air kecilnya pun berkurang.dia hanya mau pipis ketika saya tatur.seperti itu normal ap tidak ya dok ?

    Halo,   Tidak, kondisi tersebut tidaklah normal terjadi. Konstipasi pada anak bisa terjadi akibat banyak sebab seperti :

    1. Kurangnya asupan cairan / dehidrasi
    2. Kurang makan serat.
    3. Meminum obat penghenti diare secara berlebihan.
    4. Stress
    5. Pemberian susu formula
    6. hipotiroid
    7. gangguan cerna lain
    8. dll.
    Anda bisa mencoba memberikan bayi Anda cukup cairan , banyak makanan kaya serat seperti buah naga, pepaya, pisang dll serta melakukan gerakan mengayuh sepeda atau memijat ringan perut bayi agar bayi terangsang untuk BAB dengan normal. Jangan lupa hentikan obat diare anak Anda. Jika dengan perbaikan pola makan dan minum diatas bayi Anda masih sulit BAB dan BaK jarang (lihat kondisi selama 3 hari) atau jika terdapat pembengkakan pada wajah (mata) dan kaki anak Anda maka segera periksakan bayi Anda ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan segera. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi