Tanya Dokter

  • penanganan gagal ginjal selain cuci darah

  •  farida
    Anggota

    Dok, bude saya berumur 50 tahun menderita darah tinggi, hingga pergelangan tangannya ada tanda merah seperti lebam (di tangan kanan dan kiri). setelah cek darah ternyata dokter mengatakan bude saya mengalami gagal ginjal, buang air kecil masih bisa tapi hanya sedikit. dokter menyarankan untuk cuci darah, namun bude saya tidak mau. bagaimana penanganan untuk kasus yang bude saya alami ini dok?

    Terima kasih

    Hai,   Penanganan Gagal ginjal akan ditentukan pada penyebab gagal ginjal dan jenis gagal ginjalnya. Terdapat 2 jenis gagal ginjal yaitu gagal ginjal akut dan kronis. Hipertensi bisa menyebabkan gagal ginjal kronis dan memerlukan terapi pengobatan hipertensi sekaligus pengobatan gagal ginjalnya. Tanyakan secara mendetil mengenai gagal ginjal tante Anda dan apakah ada pilihan lain selain cuci darah untuk mengobati gagal ginjalnya. Pada dasarnya pengobatan gagal ginjal meliputi :

    1. Obat obatan = obat darah tinggi, elektrolit tertentu dll.
    2. Pengawasan hipertensi = memastikan tekanan darah selalu berada dalam angka normal akan mengurangi kerusakan pada ginjal yang bisa memperbaiki taraf hidup penderita gagal ginjal.
    3. Perubahan pola hidup = mengurangi berat badan, olahraga teratur, tidak merokok dan minum alkohol, kurangi intake garam, hindari stress dll.
    4. Diet gagal ginjal = diet rendah potasium, rendah lemak, rendah protein.
    5. Hemodialisa.
    6. Transplantasi ginjal.
    Penyakit gagal ginjal tidak bisa disembuhkan. Namun Anda bisa mempertahankan fungsi ginjal Anda agar tidak lebih parah dari kondisi sekarang dengan pengobatan yang ada. Cuci darah dimaksudkan untuk mengeluarkan racun dan sisa metabolisme tubuh yang tidak bisa dikeluarkan karena kerusakan ginjal agar tidak meracuni tubuh penderita. Jadi jika kondisi gagal ginjal Anda membaik maka pengobatan cuci darah bisa dikurangi / dihentikan tergantung dari seberapa parah kerusakan ginjal Anda saat ini. Memperlama pengobatan akan membuat ginjal Anda bekerja lebih berat dan otomatis akan memperburuk kondisi ginjal. Penyebab Gagal Ginjal Kronis (GGK) adalah diabetes dan hipertensi sehingga penanganan meliputi pengobatan terhadap hipertensi / diabetes dan menunjang sisa fungsi ginjal yang masih ada dengan hemodialisa dan perubahan pola hidup. Perubahan pola hidup yang dimaksud meliputi :
    1. Menghindari alkohol.
    2. Istirahat cukup.
    3. Diet rendah protein.
    4. Diet rendah lemak/kolesterol.
    5. Batasi berat badan.
    6. Diet rendah potasium.
    7. Diet rendah garam.
    Baca topik terkait Gagal ginjal. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi