Tanya Dokter

  • Ciri-ciri alter ego

  •  Ramaa
    Anggota
    Halo dok.. saya ingin menanyakan tentang diri saya. Ketika saya mendapat masalah saya pastinya cemas dan khawatir tapi saya tb tb ingin tertawa dan berasa ada hal lucu dan itu berasa kalo itu puas banget. Mengenai alter ego saya pernah baca baca tntng alter ego dan sebagian besar ciri cirinya adalah ciri ciri saya...tetapi saya menilai diri saya alter ego jadi agak aneh.. kenapa saya mengira alter ego dan kenapa saya berniat ingin membaca tntng informasi alter ego...saya merasa sikap saya beda beda kalo lagi baik saya berasa baik bgt..kalo lg jahat, jahat bgt tanpa memiliki hati nurani seolah olah saya memanfaatkan mereka dengan sempurna #ya mungkin orang banyak yg gini kali (?)# saya suka senyum senyum sendiri saya suka karakter licik di film film . Jadi sehingga saya terbawa dengan karakter tersebut. Satu lagi..ketika malam saya merasa bener bener bete bgt *kadang kadang kalo lg d luar rumah* tapi kalo siang biasa aja. Kalo ngantuk d luar rumah "Di rumah temen, mall, restaurant" rasanya saya jadi galaK #ya g tau sih cuma ngash tau aja# trus saya juga bahaya kalo saya merasa sirik karena ilmu "contohnya temen ada yg lebih pinter ngedit video, bego sendiri" soalnya saya bakal ngerendahin diri banget nget nget. Trus ketawa sendiri d kamar karena saya g bs apa apa...saran ya dok trus itu penyakit atau bukan *Cuma cerita aja sih

    Salam,

    Alter ego merupakan suatu bentuk sisi lain dari kehidupan seseorang yang jauh berbeda dari dirinya sendiri. Individu akan dikuasi oleh alter ego nya saat kondisi tertentu membuat dirinya tidak nyaman dan terusik. Sehingga kondisi individu yang lembut, halus, dan sabar, pada suatu waktu akan membentuk karakter yang pemarah, emosional, dan tidak mau kalah. Hal ini sebagai bentuk pembelaan atau defensif dirinya terhadap sesuatu yang dirasakan mengganggu secara psikis.

     

    Dua hal yang berbeda ini akan menunjukkan mana yang dominan dan mempengaruhi. Kepribadian yang sebenarnya akan hilang bila alter ego menguasainya, dan individu akan merasakan kehilangan waktu saat hal ini terjadai, atau dengan kata lain tidak menyadari bahwa alter egonya yang menjalankan hidupnya.

     

    Beberapa ciri alter ego adalah:

     

    1. panik

    2. mempunyai perilaku yang berbeda

    3. emosi tidak stabil

    4. penderita akan ln lupa bila elter egonya yang menguasai

    5. gangguan dipersonality atau lebih

    Pemicu timbulnya alter ego salah satunya trauma psikis dan fisik yang pernah dialaminya, rasa takut, kepercayaan diri yang rendah.

    Untuk mendiagnosa atau menentukan kita mempunyai alter ego yang mendominasi, maka kita perlu berkonsultasi langsung dengan dokter psikiter atau dengan psikolog untuk wawancara dan diskusi psikiatrik. Dokter akan melakukan evaluasi dan pemeriksaan psikiatrik untuk mengetahui kondisi Anda. Keterbukaan Anda terhadap dokter atau psikolog akan membantu memastikan kondisi ini merupakan alter ego atau kondisi lain, seperti bipolar, atau gangguan mood.

    Perawatan dan pengobatan akan dilakukan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah:

    1. meredam atau kontrol mood dan emosi Anda

    2. hindari kelelahan fisik Anda, karena perubahan mood Anda terpicu bila Anda memaksakan diri terhadap fisik Anda. Cukupi istirahat, dan jangan memaksakan beraktivitas bila Anda lelah. 

    3. hindari tidur larut malam

    4. angkatlah kepercayaan diri Anda terhadap apapun yang Anda temui.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi