Tanya Dokter

  • Tidak menstruasi selama 7 bulan

  • Siang dok...saya shanty umur 26 tahun..saya tidak mens selama 7 bulan dan saya tidak KB...tetapi tespek negatif dok...dan saya mengkonsumsi obat Norelut norethisterone 5mg atas anjuran salah satu dokter di RS..mengkonsumsi selama 5 hari tapi saya belum mens juga dok...dan saya ingin ganti KB dengan pil...apakah bisa langsung minum pil apa bagaimana ya dok?? Soalnya saya tidak mens juga sampe norelut saya habis

    Hai Shanty,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Tidak mendapatkan menstruasi selama 7 bulan, tidak menggunakan kontrasepsi, dan hasil test pack negatif tentunya dapat membuat seorang wanita kebingungan. Namun apabila Kamu selama ini melakukan hubungan seksual tanpa kotrasepsi dan tidak mendapatkan menstruasi selama lebih dari 3 bulan, memang kemungkinan pertama yang perlu diperhatikan adalah terjadinya kehamilan. Perlu diketahui bahwa testpack merupakan alat uji kehamilan berbentuk stick yang mendeteksi apakah pada urin terdapat hormon kehamilan. Terkadang apabila hormon kehamilan masih dalam kadar yang rendah, testpack belum dapat mendeteksinya, jadi hasil pemeriksaan testpack negatif tidak selalu berarti seorang wanita tidak hamil. Sebaiknya Kamu memastikan hal ini terlebih dahulu ke Dokter Kandungan ya, agar Dokter dapat melakukan anamnesis (tanya jawab Dokter-Pasien), pemeriksaan fisik, bila perlu pemeriksaan penunjang seperti USG. Diagnosis pasti kehamilan adalah dengan USG yaitu ditemukannya kantong berisi janin, gerakan janin atau denyut jantung janin. Jika dari hasil USG Kamu dinyatakan tidak hamil, maka Kamu dapat langsung konsultasi dengan Dokter, mengenai metode kontrasepsi yang dapat Kamu pilih dan gunakan.

    Beberapa penyebab tidak haid lainnya adalah:

    Jadi, kelolalah stres, serta periksakan diri ke Dokter ya, agar dapat ditelusuri penyebab dasar keluhan Kamu dan diberi penanganan yang sesuai.

    Sekian semoga bermanfaat,

    dr. Annes