Tanya Dokter

  • Tidak menstruasi setelah melahirkan caesar

  •  Rahman Nizar
    Anggota
    Dok, istri saya tidak datang haid selama pasca melahirkan caesar dok. Ini sudah masuk bulan ke 6 dok. Istri saya pun iseng2 tespack hasilnya negatif dok. Dan istri saya tidak menggunakan KB sampai saat ini. Apakah ada kemungkinan istri saya hamil dok? Atau ada masalh lain? Karna saya kadang ngak sadar buang air mani di rahim istri saya dok

    Halo Rahman Nizar, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Menstruasi adalah peluruhan jaringan di rahim yang terjadi bila sel telur pada seorang wanita tidak dibuahi oleh sperma. Kembalinya menstruasi setelah melahirkan bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Pada wanita yang tidak menyusui, siklus menstruasi dapat kembali lebih cepat, yaitu 4-8 minggu setelah melahirkan. Pada wanita yang menyusui bayinya secara eksklusif, siklus menstruasi bisa kembali lebih lama, yaitu setelah 6 bulan atau bahkan lebih. Hal ini sangat bergantung pada seberapa aktif wanita tersebut menyusui bayinya. Kembalinya siklus menstruasi setelah melahirkan ini sangat dipengaruhi oleh hormon yang disebut hormon prolaktin. Hormon prolaktin adalah hormon yang membantu keluarnya air susu. Bila hormon ini diproduksi, hormon yang menyebabkan terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari kandung telur) akan berkurang produksinya sehingga wanita tidak mengalami ovulasi. Tanpa ovulasi, wanita tidak akan mengalami menstruasi.

     

    Siklus menstruasi setelah melahirkan biasanya berbeda dari siklus menstruasi sebelum melahirkan. Beberapa hal yang dapat dirasakan berbeda antara lain:

    1. Nyeri menstruasi bisa jadi lebih kuat atau lebih ringan dari biasanya
    2. Menstruasi disertai dengan keluarnya darah beku
    3. Darah menstruasi yang keluar lebih banyak dari biasanya
    4. Siklus menstruasi yang tidak teratur, kadang berhenti lalu berlanjut kembali

     

    Bila isteri anda menyusui bayinya secara eksklusif, maka sangat normal siklus menstruasinya belum kembali. Namun perlu diingat bahwa kesuburan wanita sudah bisa kembali bahkan sebelum menstruasi terjadi. Oleh karena itu bila anda dan isteri belum menghendaki kehamilan, ada baiknya anda dan isteri anda menemui dokter kandungan atau bidan untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai pemasangan KB. Sebagian besar metode kontrasepsi aman untuk dilakukan setelah melahirkan dan tidak mempengaruhi produksi ASI. Metode kontrasepsi yang dapat menurunkan produksi ASI adalah pemberian kontrasepsi yang mengandung campuran estrogen dan progesteron. Kontrasepsi yang mengandung estrogen diketahui dapat menurunkan produksi ASI dan mempersingkat masa menyusui.

     

    Beberapa metode kontrasepsi yang aman dilakukan selama masa menyusui antara lain:

    1. Pil, koyo, atau suntikan kontrasepsi yang hanya mengandung Progestin
    2. IUD atau alat kontrasepsi dalam rahim yang tidak mengandung hormon atau yang hanya mengandung progestin
    3. Kondom
    4. Kontrasepsi dengan menggunakan tanggalan atau pengeluaran sperma di luar.

     

    Anda dapat membaca artikel berikut mengenai KB yang aman untuk ibu menyusui

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga bermanfaat

     

     dr. Irna Cecilia