Tanya Dokter

  • tidak menstruasi setelah melahirkan

  • dok saya tdk prnh mnglami menstruasi stelah melahirkan,apakh itu krna obt KB yg saya gunakan atau gmna,kmudian apa itu akan brdampak buruk pda tubuh saya

    Hai, Penggunaan KB suntik terutama suntik 3 bulan memang akan memberi efek samping tidak menstruasi. Jika Anda menggunakan suntik KB 3 bulan ini sangat lumrah terjadi dan tidak akan menimbulkan dampak buruk pada Anda. Namun jika Anda menggunakan pil KB atau IUD dan tidak menstruasi sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan menyeluruh karena penggunaan pil KB / IUD seharusnya tetap mengalami menstruasi seperti biasa. Pada beberapa ibu yang menyusui juga biasa tidak mendapatkan haid secara normal beberapa bulan di awal setelah kelahiran. Namun biasanya akan kembali normal. Jika ibu meras terganggu dan kurang nyaman sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda untuk pemilihan jenis kontrasepsi yang terbaik. Semoga bermanfaat. Dr. Yusi