Tanya Dokter

  • penyebab tidak menstruasi

  • dok saya ningsih umur saya 20 tahun, saya sdh lama tidak halangan mungkin hampir setahun, wktu umur saya 15 tahun halangan saya 3 bln sekali selama 2 minggu, sampe umur 17 tahun saya halangan 6 bln sekali tapi sdikit sekali darah nya keluar. saya pernah periksa dlu periksa usg ke dokter kt nya tidak ada penyakit cuma hormon berlebih, tapi saya sdh lama tidak memeriksa lagi, semenjak saya jarang halangan berat badan saya naik walau saya jarang makan, setiap bangun tidur rasa ny perut saya sakit, penglihatan saya jg kadang-kadang kabur, pelupa saya nambah para, tolong dijawab ya dok. terimakasih sebelumnya

    Dear Michi, Menstruasi normal berlangsung selama dua hingga tujuh hari dan berulang secara periodik setiap 21 sampai 35 hari sekali. Mentruasi tidak terjadi lebih dari 3 bulan dinamakan amenorrhea sekunder. Amenorrhea sekunder dapat disebabkan oleh:

    Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter kandungan. Dokter akan menganalisis gejala yang Anda alami dan melakukan pemeriksaan fisik yang diperlukan. Tes penunjang seperti tes darah, USG, CT Scan dapat dokter anjurkan. Terapi yang sesuai akan dokter berikan. Anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • konsumi makanan sehat secara teratur
    • hindari diet ketat penurunan berat badan yang terlampau drastis
    • atasi stres dengan bijaksana
    • usahakan untuk memiliki berat badan yang normal
    Artikel yang dapat Anda baca: Penyebab menstruasi terlambat Semoga bermanfaat dan salam, dr. Rony Wijaya