Tanya Dokter

  • Tidak Nafsu Makan Saat Hamil 2 Bulan. Normalkah ?

  • Dokter, apakah wajar usia kehamilan 2 Bulan, tapi tidak Nafsu makan, mual, muntah, sehingga berat badan jadi berkurang.  Cara mengatasinya bagaimana Dok? saya takut janin kenapa2, karena jadwal saya Cek Kandungan masih minggu depan. Selama ini saya rutin konsumsi Obat, Vitamin dari Dokter.

    Terimakasih.

    agnes aprilia kristanti  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo agnes aprilia kristanti,

     

    Pada kehamilan terutama pada trimester satu seringkali seorang ibu mengalami mual dan muntah yang berlebihan terutama pada pagi hari yang disebabkan karena adanya perubahan hormonal yang berlangsung pada awal terjadinya kehamilan. Mual dan muntah yang berlebihan yang berlangsung pada trimester pertama disebut dengan hiperemesis gravidarum.

     

    Pada kondisi hiperemesis gravidarum umumnya dapat disertai dengan gejala seperti lemas pada tubuh, nyeri kepala, tidak nafsu makan, pusing dan ibu menjadi sensitif terhadap rangsangan tertentu seperti rangsangan bau. Namun selain dari hiperemesis gravidarum, beberapa penyebab muntah lain diantaranya vertigo, keracunan makanan tertentu, dispepsia.

     

    Beberapa anjuran yang dapat dilakukan pada kondisi mual dan muntah pada kehamilan diantaranya dengan mengkonsumsi makanan dalam jumlah sedikit namun dengan frekuensi yang diseringkan, menghindari diri dari makanan dengan aroma yang terlalu menyengat, mengkonsumsi air jahe untuk menghilangkan rasa mual, meempersiapkan camilan seperti biskuit. Anda juga dianjurkan untuk beristirahat dengan cukup selama masa kehamilan terutama trimester pertama.

     

    Namun sebaiknya apabila anda mengalami mual dan muntah yang berlebihan, tidak memiliki nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan dan badan menjadi lemas sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk melakukan pemeriksaan baik fisik atau penunjang apabila diperlukan seperti pemeriksaan darah atau USG untuk memantau kondisi kehamilan yang anda alami sehingga dapat dipastikan bahwa kondisi kehamilan yang berlangsung dalam keadaan baik. 

     

    Apabila anda memiliki keluhan saat kehamilan berlangsung, anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter tanpa menunggu jadwal untuk kontrol seperti yang telah ditentukan. 

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi