Tanya Dokter

  • benjolan putih yang terasa sakit disekitar hidung dan bawah mata

  •  daranh_
    Anggota

    dok, saya mau tanya dok, di sekitar daerah hidung dan juga bawah mata saya, seperti jerawat ciri ciri nya warna putih, kalau di tekan gak sakit (sedangkan jerawat setau saya sakit kalu ditekan), kadang bentuknya ada yang kecil, ada yang sedang, kalau dikeluarin warnanya putih sperti bola dan kalau keras pas di keluarin warnanya kayang minyak berbentuk bola. dan paling sering tumbuh daerah hidung.

    Hai Daranh, Benjolan putih yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh milia, yaitu benjolan putih menyerupai jerawat yang timbul di area hidung, mata, dahi, kelopak mata, pipi, dan dada. Milia timbul akibat protein keratin terperangkap dalam kelenjar minyak pada lapisan kulit, ataupun disebabkan oleh gangguan pada kelenjar minyak (misalnya akibat terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama). Milia umumnya dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu hingga bulan. Namun jika milia tidak kunjung hilang dokter dapat melakukan prosedur pengeluaran isi milia, dermabrasi, peeling ataupun perawatan laser. Kemungkinan lainnya, benjolan putih yang timbul dapat pula disebabkan oleh komedo putih. Komedo timbul akibat produksi minyak berlebihan yang bercampur dengan sel kulit mati sehingga menyebabkan sumbatan pori-pori kulit. Komedo ada yang terbuka dan tertutup. Komedo putih merupakan komedo yang tertutup oleh kulit. Komedo putih dapat ditangani dengan pemberian obat jerawat yang dijual bebas, ataupun penggunaan obat jerawat yang diresepkan oleh dokter seperti retinoid. Untuk dapat memastikan penyebabnya tentunya benjolan yang timbul harus diperiksa secara langsung. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit, di mana dokter akan memeriksa kondisi kulit Anda untuk memastikan diagnosis dan menentukan penanganan yang tepat bagi Anda sesuai dengan penyebab dasarnya. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi timbulnya keluhan:

    • Membersihkan wajah secara teratur 2 kali sehari
    • Gunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit (berminyak, normal atau kering) agar sisa kotoran dan minyak terangkat secara efektif
    • Hindari memencet benjolan yang timbul
    • Pilihlah pelembab yang berbahan dasar air (water based) dan kosmetik yang mengandung formula bebas minyak (oil free) serta tidak menimbulkan komedo (non -comedogenic)
    • Hindari paparan sinar matahari
    • Gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan
    Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman