Tanya Dokter

  • Waktu tidur yang baik bagi kesehatan

  •  kaori
    Anggota

    Selamat siang, Dok.

    Berapa lamakah waktu tidur yang pas? Saya perempuan berusia 25 tahun, sehari-hari saya duduk di depan komputer dan menulis topik serius. Selain itu juga saya bertugas mengurus pekerjaan di rumah.

    Saya tidak tidur pada malam hari kecuali saya melakukan aktivitas fisik seharian. Saya umumnya tidur sekitar jam 6 hingga jam 8-9 malam apabila kelelahan, dan tidak tidur sama sekali pada jam itu bila tidak lelah. Setelah itu terjaga hingga sekitar jam 5. Bangun lagi sekitar jam 9 atau kadang sebelum jam segitu.

    Tidur selama 4 jam per hari dalam jangka waktu panjang itu apakah berbahaya? Saya sudah seperti ini sekitar berbulan-bulan. Berapa lamakah waktu tidur yang dokter sarankan?

    Terima kasih.

    kaori  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Lama waktu tidur akan bervariasi tergantung dari usia dan variasi individual. Secara umum, :

    • Usia 0-3 bulan 12-18 jam per hari
    • Usia 4-11 bulan 12-15 jam per hari
    • 1-2 tahun 11-14 jam per hari
    • 3-5 tahun 10-13 jam per hari
    • 6-13 tahun 9-11 jam per hari
    • 14-17 tahun 8-10 jam per hari
    • 18-25 tahun 7-9 jam per hari
    • 26 - 64 tahun 7-9 jam per hari
    • > 65 tahun 7-8 jam per hari
    Akan tetapi, pada dasarnya yang terpenting dari tidur bukanlah durasinya, tetapi kualitas tidurnya. Hal yang saya sampaikan diatas adalah hanay berdasarkan usia semata. Akan ada variasi antar individual, terutama pada dewasa. Ada orang-orang yang memang merupakan 'long' sleeper dan 'short' sleeper dimana para 'short' sleeper secara alamiah memiliki kebutuhan tidur yang lebih singkat dari orang kebanyakan. Jadi yang terpenting, laihatlah bagaimana kondisi tubuh anda pada saat bangun dan saat beraktivitas sepanjang hari. meski misalnya anda hanya tidur 5 jam, tetapi saat bangun anda merasa segar dan bugar sertsa dapat beraktivitas dengan optimal sepanjang hari maka meski singkat, berarti anda telah mendapatkan tidur yang cukup (karena memang kebutuhan tidurnya 5 jam, dan sebaliknya) Jadi sekali lagi, yang terpenting adalah kualitas bukan kuantitasnya. Akan tetapi jika anda menanyakan mengenai durasi maka angka diatas dapat anda jadikan patokan secara umum. cara tidur nyenyak 5 kondisi yang dapat dialami akibat kurang tidur demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.