Tanya Dokter

  • Porsi tidur yang baik untuk kesehatan

  • Selamat malam dok, saya mau tanya tidur malam bangun siang itu baik tidak ya dok

    Hai Aprila. Secara umum, sebenarnya tidur yang baik memang mengikuti irama sirkadian dimana saat malam tidur, dan pagi bangun karena mengikuti kondisi hormonal tubuh. Namun, memang terkadang karena pekerjaan dan aktivitas, seseorang menjadi terpaksa tidak bisa melakukan hal tersebut. Selama anda tidur sesuai dengan batasan normal tidur, dan memiliki kualitas tidur yang baik, maka hal tersebut tidak masalah. Tidur yang dianjurkan pada dewasa adalah 6-8 jam sehari. Jika anda kurang atau tidur berlebihan, keduanya memberikan efek yang kurang baik. 

    Tidur yang kurang dapat menyebabkan performa aktivitas kurang baik, dan ke depannya dapat menjadi resiko penyakit jantung terutama ditunjang dengan gaya hidup yang kurang baik. Sedangkan jika anda tidur berlebihan juga beresiko obesitas, diabetes melitus dan dapat juga mempengaruhi kesehatan jantung. 

    Kualitas tidur yang baik, jam tidur yang cukup dapat membantu anda mendapatkan kualitas hidup yang baik pula. Konsultasikan dengan dokter anda untuk informasi lebih lanjut. Selain dari tidur, seimbangkan dengan pola makan dan jenis makanan anda yang memenuhi gizi seimbang, olahraga teratur, kelola stres, dan hindari rokok dan alkohol. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa