Tanya Dokter

  • Tidur sering Miring Ke Kanan ketika sedang hamil

  •  Sigit Purnomo
    Anggota

    Selamat Sore Dok, saya mau konsultasi Kenapa Istri saya tidurnya sering miring kekanan padahal sedang hamil 7 bulan tanggal 3 maret 2017, saya sudah sering mengingatkan supaya tidur miring kekiri, apakah nantinya ada pengaruh terhadap si jabang bayi yang masih dalam kandungan, oh iya dok, caranya ingin tau bayi yang masih dalam kandungan cewe apa cowo tanpa USG apa ada caranya dok, terima kasih

    Sigit yang baik,

    seiring dengan membesarnya rahim selama kehamilan, semakin tertekanlah rongga dada, terutama ketika telentang karena sebagian tekanan dari rongga perut mengarah ke dada. Hal ini menyebabkan rasa sesak pada wanita hamil terutama hamil besar dan menyebabkan rasa tidak nyaman saat tidur. Anda umumnya merasakan hal ini ketika sehabis makan besar, langsung tidur terlentang tanpa bantal. Tentu pernapasan akan lebih tidak nyaman. Oleh karena itu wanita hamil memang dianjurkan tidur miring. Tidur miring yang baik ialah miring ke kiri karena tidak menekan organ hati. Selain itu tidur miring juga diperlukan karena pada posisi terlentang, rahim yang besar juga dapat menekan pembuluh darah ke rahim yang menyebabkan janin tidak teroksigenasi dengan baik dan membahayakan bagi janin. Tidur miring juga diperlukan untuk mengurangi bengkak pada kaki. Berikut ulasan lebih lengkap mengenai posisi tidur ibu hamil yang baik.

    Mengenai jenis kelamin janin, tentu hanya dapat dipastikan dengan menggunakan USG, karena belum ada tanda khusus yang dapat digunakan sebagai patokan bahwa janin tersebut laki-laki atau perempuan. Sering beredar mitos untuk menebak jenis kelamin janin, namun hal tersebut tidaklah benar. Berikut kami lampirkan artikel mengenai 5 mitos menebak jenis kelamin janin. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief