Tanya Dokter

  • Tips mengurangi dengkur saat tidur

  • Assalamualaikumwarohmatullohiwabarokatu Dokter..1.bagaimana cara agar tidur cpat sebab kalu mau tidur saya sangat lama bisa sampe 30 menit bahkan lbih padahal teman satu asrama saya sangat cpat tdurnya sekali pake slimut langsung bisa ngorok? 2.tipsnya dok supaya tidur g ngorok/mendengkur???? Terimaksih dokter

    Hallo Mas Lailatul Qodar, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Usia 18-64 tahun tubuh membutuhkan istirahat setidaknya sebanyak 7-9 jam sehari. Durasi jam tidur bisa berkurang setelah kita menginjak usia 65 tahun atau lebih menjadi 7-8 jam sehari. Saat tidur beberapa manfaat yang dapat diperoleh tubuh :

    • otak bersiap untuk bekerja kembali pada keesokan hari, sehingga otak dapat berpikir, belajar, bekerja, dan memroses informasi dengan lebih baik.
    •  membantu memperbaiki dan menyembuhkan jantung dan pembuluh darah kita saat mengalami kelelahan
    • menjaga keseimbangan hormon,
    • mempengaruhi tubuh bereaksi terhadap hormon insulin
    • mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh
    • membantu memperbaiki sel dan jaringan yang rusak,
    • meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    Beberapa cara yang dapat dilakukan agar mudah tidur :

    • Tidur dijam yang sama setiap malamnya
    • Matikan gadget dan peralatan elektronik
    • Hindari konsumsi makanan tinggi lemak atau makanan yang dapat membuat alergi atau yang dapat memicu peradangan
    • Tidak minum minuman beralkohol sebelum tidur.
    • Mandi dengan air hangat

    Mendengkur atau mengorok termasuk kedalam salah satu permasalahan tidur yang banyak sekali dialami oleh orang. Penyebab dan Derajat keparahan akan bervariasi tergantung dari penyebab pada masing masing individu dan membutuhkan pengobatan ayng spesifik tergantung dari penyebabnya. Adapun penyebab mengorok diantaranya adalah :

    • Kegemukan, obesitas
    • Konsumsi alkohol berlebihan
    • Gangguan rongga hidung, misalnya karena rhinitis, deviasi septum hidung, polip hidung, sinusitis
    • Kurang tidur
    • Posisi tidur tidak tepat, misalnya telentang

    Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi mengorok :

    1. jaga berat badan ideal.
    2. berhenti merokok dan  minum alkohol.
    3. berhenti menggunakan obat obatan seperti obat anti depresan dll.
    4. Olahraga
    5. Tidur dengan posisi miring.
    6. Tidur dengan kepala lebih tinggi dari dada.
    7. Hindari minum kopi dan makan sebelum tidur.
    8. lakukan latihan tenggorokan untuk mengurangi mengorok dengan mengucap vokal aiueo selama beberapa waktu dengan suara keras.
    9. melakukan tindakan medis seperti penggunaan CPAP ( continous psitive airway pressure), operasi amandel yang bengkak dll.

    Jika permasalahan gangguan tidur anda terus berlanjut atau dirasakan semakin parah, sebaiknya periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat

    - dr. Lia N. Amalina