Tanya Dokter

  • Tidur tidak bergerak sama sekali

  •  aichan
    Anggota
    Jadi gini dokter, s tu kalo tidur pulas tidak pernah bisa bergerak reflek seperti orang tidur pada umumnya. Kalau bergerak sedikit sj, s pasti sdh sadar. Makanya meskipun tidur d sofa ataupun d atas pohon, s tdk akan jatuh karena kalo s sdh tidur pulas tu badan tdk bergerak lg. Nanti bergerak kalo sdh bangun. Makanya kalo s tidur terlentang, bangun tidur kaki s jd kaku dan sakit. Kalo tidur dengan tangan tertindih kepala, tangan jd keram. Apakah itu penyakit? Terima kasih.

    Halo Aichan, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Posisi tidur ternyata dapat mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Namun, yang terpenting adalah bagaimana Anda mendapat tidak hanya kuantitas atau waktu tidur yang cukup, melainkan juga kualitas tidur yang optimal. Secara umum, posisi tidur seseorang adalah telentang, tengkurap ataupun posisi miring. Apapun jenis posisi tidur seseorang tidak menjadi masalah selama setelah bangun tidur tidak menyebabkan keluhan seperti menjadi sakit leher, menjadi sakit badan, ngantuk yang masih terasa. Pada kasus Anda dimana saat terbangun maka terasa nyeri pada otot dan terasa kaku, hal ini disebabkan karena adanya posisi yang sama selama berjam-jam sehingga menekan pembulu darah bagain tbuh tersebut. Hal ini menyebabkan bagian yang tersa nyeri tersebut tidak mendapat aliran darah yang cukup sehingga menyebabkan nyeri dan kaku. 

    Tidak ada yang salah jika Anda tidur dalam satu posisi dan pulas, bahkan hal ini mungkin menjadi hal yang positif bagi Anda karena mendapatkan kualitas tidur yang baik yaitu tidur pulas. Yang menjadi masalah adalah bagaiamana Anda menentukan posisi tidur yang tepat saat Anda memulai tidur. Posisi tidur tengkurap adalah posisi tidur yang harus dihindari karena dengan posisi ini maka dapat menambah tekanan pada sendi dan otot sehingga memciu terjadinya iritasi pada saraf sehingga dapat menimbulkan keluhan nyeri, kaku atau kesemutan. Untuk menghindarinya Anda dapat mencoba posisi tidur miring atau telentang. Selain itu, tidur dengan telentang maka seluruh organ tubuh sejajar dengan jantung sehingga aliran darah ke otak dapat menjadi lebih lancar. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

     

    Salam, dr. Tiwi