Tanya Dokter

  • Sakit tipes setiap 2-3 bulan sekali

  • Selamat siang dok, saya agung umur saya 23 thn. Begini dok saya ingin menanyakan tentang sakit tipus yg sdh sering saya alami, saya terkena sakit tipes rata2 3 bln smpai 2 bln skali, dan sampai di rawat di rmh sakit, saya keluar dari rmh sakit bln februari dan skrang saya trserang penyakit tipes lagi.

    Pertanyaannya: apa yg saya hrs lakukan supaya penyakit tipes ini tidak dtng lg kepada saya?. Dan obat apa yg cocok untuk penyakit tipes yg saya derita ini.

    Terimakasih Dok mohon jawaban

    Hai, Tifus disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi, yang menular melalui konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi. Umumnya gejala tifus muncul 1-3 minggu setelah terinfeksi. Gejala yang muncul seperti demam tinggi, diare atau konstipasi, sakit kepala, lemas, nafsu makan menurun, serta nyeri perut. Untuk mencegah tifus, hal-hal berikut perlu diperhatikan:

    • mencuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan toilet
    • tidak mengkonsumsi air yang tidak matang
    • hindari konsumsi sayur dan buah yang mentah, kecuali dapat dikupas dan dicuci dengan air bersih
    • hindari penggunaan bersama barang-barang pribadi seperti handuk atau alat mandi
    Sebaiknya Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan sebelumnya, serta tes penunjang medis seperti tes darah atau pemeriksaan sampel tinja, dapat membantu untuk mengetahui penyebab dan menentukan jenis antibiotik yang tepat. Sehingga kuman penyebab masih sensitif terhadap antibiotik yang diberikan. Tetap konsumsi makanan yang bergizi, banyak minum air mineral, serta memiliki waktu istirahat yang cukup.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto