Tanya Dokter

  • timbul bercak putih diarea sekitar mata

  •  linah
    Anggota

    Salam dokter. saya Mau tanya, area sekitar mata saya tiba-tiba timbul bercak putih, Sebelumnya saya sering merasa perih dan panas ketika habis cuci rambut dan memakai hair tonic, dan ketika memakai kosmetik berupa krim gitu. tetapi bercak putih ini timbul baru sekarang, apa bisa disebabkan karena pemakaian alat kosmetik yang tidak cocok atau memang karena saya terkena penyakit kulit viltigo?

    Hai,   Bercak putih tidak selalu merupakan tanda vitiligo. Walaupun gejala awal dan khas dari vitiligo adalah bercak putih susu yang semakin lama semakin lebar dan mudah teriritasi sinar matahari. Penyebab bercak putih pada daerah mata bisa disebabkan :

    1. Xanthelasma = bercak putih kekuningan pada daerah mata.
    2. Milia = bintik putih seperti jerawat komedonal.
    3. Vitiligo = bercak putih susu akibat gangguan imun.
    4. Pityriasis versikolor (panu) = bercak putih dengan skuama tipis yang terasa gatal.
    5. Pitiriasis alba = bercak putih yang tidak terasa gatal, dan tidak melebar . membesar dan akan sembuh dengan sendirinya.
    6. dll.
    Untuk menentukan penyebab keluhan Anda maka pemeriksaan secara langsung dan tes medis seperti tes kerokan kulit dll akan diperlukan. Penanganan akan disesuaikan dengan penyebab keluhan Anda. Baca topik Vitiligo. baca bahasan mengenai vitiligo. Hindari penggunaan kosmetik dan bahan kimia berlebih pada daerah mata Anda agar kondisi bercak tidak semakin parah serta periksakan diri Anda dengan segera ke dokter untuk mengobati keluhan Anda Semoga membantu,   dr. Yusi

    linah  linah
    Anggota

    terima kasih dokter atas balasan jawabannya. sangat membantu