Tanya Dokter

  • Tindak lanjut mengenai gigi yang rusak

  •  Anin Dhanisa
    Anggota
    Dok, saya ingin mencabut gigi saya. Namun saya bingung. Saya tidak ingin gigi palsu yang lepas pasang, teman saya menyarankan untuk menanam gigi. Bagaimanakah prosedurnya dok? Apakah aman?

    Halo,

    Jika seseorang kehilangan gigi aslinya, maka untuk menggantikannya bisa menggunakan gigi palsu permanen. Salah satunya adalah menggunakan implan gigi, yaitu akar gigi buatan yang dimasukkan ke rahang sebagai fondasi penanaman gigi pengganti. Penggunaan gigi palsu permanen memiliki beberapa keuntungan dibandingkan gigi palsu sementara. Lebih spesifik lagi mengenai gigi palsu permanen, penggunaan implan gigi memiliki beberapa kelebihan dibandingkan bridge.

    Beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum benar-benar memutuskan untuk melakukan prosedur implan gigi:

    • Melakukan X-Ray, untuk mengetahui kondisi dan posisi peletakkan
    • Konsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan informasi serta prosedur perawatan, serta efek samping dari pemasangan
    • Beritahukan riwaya kesehatan dan riwayat penggunaan obat
    • Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki kondisi jantung tertentu dan pernah menjalani implan ortopedi. Hal tersebut perlu Anda konsultasikan guna menghindari risiko infeksi pascaoperasi

    Untuk keamanan prosedur pelaksanaan, serta perawatan, maka yang harus dilakukan adalah rutin berkonsultasi dengan dokter gigi Anda. Hal ini akan memberitahukan bagaimana kondisi kesehatan Anda dan akan membantu dokter untuk menentukan langkah-langkah di dalam melakukan perawatan.

    Semoga membantu,

    dr. Theresia