Tanya Dokter

  • Penanganan untuk kista kecil di rahim

  • Hi dok, 

    Saya wanita berusia 26 tahun dan baru menikah September tahun ini. Saya merencanakan untuk hamil namun setelah saya cek kedokter, dokter mengatakan kalau ada kista di ramim saya tapi kecil. Dan dokter tsb bilang untuk jangan kwatir. Apakah benar seperti itu? 

    Terimakasih,

     

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, hal ini menunjukkan Anda mungkin belum mempunyai infromasi tentang kista ini. Seharunya pada saat Anda mendapatkan informasi ini, Anda segera berdiskusi dengan dokter Anda, tentang apa itu kista, resikonya bagaimana, bagaimana hilangnya, pengaruh pada kehamilan bagamn, dan kenapa tidak perlu cemas. Bila Anda tidak mendapatkan informasi ini, maka Anda tidak akan mengetahui rencana dokter Anda terhadap kista dan promil Anda secara baik.

    Bila dokter Anda menyampaikan kista rahim ini tidak perlu membuat Anda khawatir, kemungkinan kondisi ini disebabkan kista ini merupakan kista fungsional yang secara umum tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya dengan atau tanpa pengobatan. Namun hal ini tetap memerlukan evaluasi dan observasi berkala.

    Pada kista fungsional, adanya pengaruh hormonal kewanitaan, dapat menyebabkan ukuran kista semakin meningkat, dan adanya keseimbangan hormon akan membantu menurunakan ukuran kista. Bila kista berukuran besar dengan disertai komplikasi baik berupa penekanan ke daerah sekitar serta mempengaruhi pembuahan pada masa subur, maka dapat dilakukan tindakan pengambilan kista. Dan semua ini tergantung dari hasil pemeriksaan dan evaluasi dokter kandungan Anda.

    Oleh karena itu, lakukan kontrol dan evaluasi secara rutin sesuai rencana dokter kandungan Anda. Dan ikuti rencana dokter terhadap evaluasi pengobatan dan penatalaksanaan kista ini. Jangan lupa untuk berdiskusi dengan dokter Anda terhadap semua hal yang ingin Anda ketahui.

    Yang perlu Anda lakukan adalah idealakan berat badan, hindari stres, dan lakukan olah raga teratur.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga kista-rahim/ovarium.

    dr. Ulfi