Tanya Dokter

  • Cara mengatasi serangan panik

  •  Anandam3ga
    Anggota
    Dok saya mau tanya, saya sudah sering sedikit mencari informasi mengenai hal yang saya rasakan saat ini. saya sering merasakan serangan/gangguan panik atau jg yg disebut psikosomatik yah dok.. namun belakangan ini saya sangat takut makan karena memang sebelumnya setiap kali saya makan seperti tersedak ntah itu memang demikian atau hanya ketakutan saya saja. Akhir2 ini saya jadi takut sekali makan dok karena itu. Contoh, baru satu kali suapan nasi, saya merasa ga enak ditenggorokan dan merasa seperti tersedak, jadi kadang makan ga habis hanya beberapa suap dan parahnya lg cuma dua sendok makan saja, pola makan saya sekarang jadi seperti itu dok. Ini memang benar gangguan panik/psikosomatik atau ada yg bermasalah disaluran pernafasan saya dok, dihidung dan tenggorokan? Krna setiap hari hidung saya juga selalu mampet sebelah,ini sdh lama saya rasakan dok.. saya bingung sekali dok. Hampir setiap malam juga saya susah tidur dok. Keadaan saya yang seperti ini apakah benar adanya penyakit medis atau hanya kecemasan saya saja. Sebaiknya saya harus ke THT terlebih dahulu atau ke psikiater yah dok? Terimakasih

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Sebenarnya cukup sulit untuk menentukan seseorang apakah memiliki masalah secara kejiwaannya atau tidak. Karena untuk mengetahui bagaimana kondisi kejiwaan seseorang tersebut harus melalui serangkaian konseling dan tanya jawab terkait dengan kondisi medis yang menyertai, riwayat kehidupan Anda, dan sebagainya. Dan biasanya akan membutuhkan beberapa kali konseling untuk dapat memastikannya.

    Memang untuk serangan panik terkadang seseorang akan merasakan tenggorokannya tercekat dan adanya rasa takut yang teramat sangat namun biasanya hal ini akan timbul bila ada pencetusnya terlebih dahulu, misalnya Anda harus maju ke depan banyak orang untuk berpidato. Dan serangan panik ini biasanya hanya akan berlangsung beberapa saat, mungkin sekitar 10-15 menit, dan setelah pencetusnya tersebut teratasi maka orang tersebut akan membaik dengan sendirinya. Namun ada suatu jenis gangguan yang deikenal dengan gangguan cemas menyeluruh yang biasanya timbul tanpa adanya pencetus apapun dan dapat berlangsung dalma jangka waktu 24 jam secara terus menerus. Biasanya orang dengan gangguan ii memiliki jenis kepribadian yang obsesif akan suatu hal dan bila tidak berjalan sebagaimana mestinya, seseorang ini akan merasakan cemas. Bila hal tersebut di biarkan terus menerus maka akan dapat menimbulkan gangguan di kemudian harinya sehingga berdampak pada aktivitas kehidupannya sehari-hari.

    Untuk keluhan hidung tersumbat, mungkin memang sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis THT. Beberapa hal seperti infeksi pada salurah pernafasan (sinusitis dan rhinitis), alergi, atau bau zat kimia yang terlalu menyengat terkadang dapat menimbulkan rasa tersumbat pada hidung. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik yang mungkin dirasa perlu atau menyarankan beberapa pemeriksaan penunjang seperti rontgen daerah wajah untuk melihat rongga sinus. Untuk penatalaksanaannya pun nantinya akan disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. Bila nanti setelah diberikan penatalaksanaan namun tidak mengalami perbaikan, atau bila dokter spesialis THT tidak dapat menemukan suatu masalah yang berarti pada sistem pernafasan Anda, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kejiwaan (psikiater) untuk membicarakan segala keluhan Anda. Jangan takut atau malu untuk bercerita kepada dokter mengenai segala hal yang Anda rasakan atau yang mengganjal pada diri Anda agar dokter dapat menilai bagaimana kondisi kejiwaan Anda saat ini. Dan biasanya dokter kejiwaan akan merencanakan beberapa sesi konsultasi sebagai penatalaksanaan pada Anda.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati