Tanya Dokter

  • Mendeteksi sejak dini kondisi kesehatan

  •  anton mulyono
    Anggota

    saya seorang pria berusia 38 tahun..saya menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan. Saya ingin mengetahui / mendeteksi sedini mungkin kondisi kesehatan saya...tindakan awal apa yg mesti saya lakukan? mohon nasehat dari dokter

     

    s

    Salam,

    Pada usia diatas 35 tahun, maka menjaga kondisi fisik dan kesehatan sangat kita perlukan untuk mencegah resiko gangguan kesehatan selanjutnya. Bahkan perbaikan pola hidup seharusnya sudah kita lakukan sejak usia dini sampai usia senja nantinya.

    Pada individu dengan usia 35 tahun keatas, resiko adanya gangguan metabolisme, gangguan pencernaan, gangguan tulang belakang, sampai gangguan pembuluh darah sering kita jumpai pada praktek klinis sehari-hari. Oleh karena, membentuk pola hidup sehat, merupakan langkah penting untuk mencegah resiko-resiko gangguan kesehatan yang tidak kita harapkan.

    Beberapa langkah pola hidup sehat dapat berupa:

    1. menghindari stres

    2. mengidealkan berat badan

    3. berolah raga rutin

    4. menghindari rokok dan alkohol

    5. tidur yang cukup 7-8 jam perhari

    6. menghindari makan berkolesterol dan makanan siap saji

    7. mencukupi kebutuhan sayur, buah, protein, karbohidrat secara seimbang

    Perubahan pola hidup mungkin tidak kita rasakan serta merta dalam 1 bulan. Namun, bila kita lakukan secara baik, kita akan dapat merasakan manfaatnya setelah bulan ke dua atau ke tiga dan seterusnya.

    Selanjutnya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk pemeriksaan berkala dan juga perencanaan pemeriksaan penunjang atau general check up berkala. 

    Pemeriksaan medical general check up, merupakan langkah tahapan selanjutnya untuk mengevalausi kesehatan kita secara berkala. Dengan berdiskusi secara terbuka, maka dokter dapat mengarahkan pemeriksaan penunjang yang dapat Anda lakukan, seperti pemeriksaan jantung, pemeriksaan liver, pemeriksaan metabolisme, dan fungsi ginjal. Pelaksanaan pemeriksaan ini dapat dilakukan secara berkala, baik 6 bulan sekali ataupun satu tahun sekali tergantug dari hasil pemeriksaan yang didapatkan. 

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi