Tanya Dokter

  • dada sering sesak karena KB 3 bulanan

  • Dok,,,saYa mau nanya nhi, Q kan pake' KB yg 3 bulan tapi dada saya sering sesak dan itu bisa saMpai seharian , dan rasanya ngak enak bangat. Q mau minta saran dokter apa yg harus sya lakukan.

    Hai, KB suntik yang diberikan dengan selang waktu 3 bulan memiliki isi kandungan hormon progesteron. KB jenis ini dapat menimbulkan beberapa efek samping yang sering dikeluhkan oleh penggunanya, diantaranya :

    1. Perubahan jadwal menstruasi menjadi tidak teratur. Keluhan ini merupakan hal yang paling umum dan sering dikeluhkan oleh pengguna KB jenis ini
    2. Kenaikan berat badan
    3. Sakit kepala
    4. Jerawat
    5. Perubahan mood
    6. Rasa tidak nyaman dan nyeri pada payudara
    Mengenai keluhan sesak nafas yang Anda rasakan, pertama-tama perlu dibedakan apakah benar yang Anda alami merupakan rasa sesak nafas ataukah sebenarnya keluhan tersebut merupakan rasa tidak nyaman pada payudara Anda. Jika yang Anda alami bukan rasa tidak nyaman pada payudara, sebaiknya Anda perlu menemui dokter, karena butuh diadakan pemeriksaan lebih lanjut secara langsung oleh dokter dan beberapa pemeriksaan penunjang untuk mengetahui apakah yang menyebabkan rasa sesak nafas yang Anda alami. Berikut merupakan beberapa kemungkinan penyebab rasa sesak nafas :
    1. Masalah paru - seperti TB, pneumonia, asma
    2. Masalah jantung - seperti pembengkakan jantung
    3. Masalah lambung - masalah asam lambung yang naik
    4. Masalah ginjal - seperti gagal ginjal
    5. Rendahnya kadar Hb dalam darah
    6. Masalah psikologis
    7. dan lainnya
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.