Tanya Dokter

  • Tindakan untuk limfadenopati submandibula

  • Siang dok.. Minggu lalu saya sudah usg leher,dan dokter mengatakan saya limfadenopati submandibula.. Kira2 apa penyebab pastinya dan apa tindakan yang tepat dok ? Haruskah dioperasi? Terima kasih

    Halo,

    Limfadenopati submandibula merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan pembesaran kelenjar getah bening yang terletak di bawah mandibula (rahang bawah). Kelenjar getah bening seharusnya tidak teraba dan merupakan rumah bagi sel-sel pertahanan tubuh dalam melawan infeksi.

    Pada keadaan infeksi (misal: oleh virus, bakteri, parasit), penyakit autoimun maupun keganasan, kelenjar getah bening akan membengkak sehingga dapat diraba, terkadang disertai rasa nyeri. Infeksi yang dapat menyebabkan limfadenopati submandibula diantaranya infeksi gigi, infeksi daerah sinus dan amandel. Pada saat infeksi ini diobati, kelenjar akan mengempis.

    Limfadenopati tersebut ada yang dapat diobati hanya dengan obat minum saja (misalnya: antibiotik jika disebabkan infeksi), namun jika dokter memiliki kecurigaan khusus, dokter dapat meminta Anda melakukan biopsi (operasi pengambilan jaringan untuk diperiksa di bawah mikroskop). Dari hasil biopsi ini dapat diketahui jenis jaringan tersebut dan menetukan langkah pengobatan selanjutnya.

    Diskusikan dengan dokter Anda mengenai langkah pemeriksaan dan pengobatan yang harus Anda jalankan.

    Semoga membantu,

    dr.Mira