Tanya Dokter

  • Luka tindik telinga mengalami infeksi

  •  Rivi Sarempa
    Anggota
    hallo dok, saya mau nanya. telinga saya kan sempat infeksi waktu habis tindik, terus saya sudah ke dokter. di dokter di beri saleb sama obat antibiotik. selama 1 minggu saya rajin minum obat dan olesin salebnya. terus lukanya udah kering gitu dok udah baikan, tapi saya takut mau masukin anting. apakah saya masih bisa masukin anting atau sebaiknya gak usah dok? terus saya harus ke dokter buat check-up lagi gak dok? atau sekedar perpanjang buat obatnya? terima kasih dokter....

    Halo,

    Luka tindik telinga yang mengalami infeksi dan telah sembuh, biasanya mengakibatkan lubang tindikan tertutup. Jadi bila Anda ingin mengenakan anting pada daun telinga yang pernah mengalami infeksi, pastikan terlebih dahulu lubang tindikan masih ada.

    Luka tindik telinga yang terinfeksi disebabkan oleh proses penindikan yang tidak steril (orang yang mengerjakan tidak mencuci tangan terlebih dulu, tidak menggunakan sarung tangan steril, alat tindik tidak dibersihkan dan anting untuk menindik tidak streril) dan penggunaan anting berbahan kurang baik pada luka tindik baru. Maka bila di masa akan datang, Anda ingin melakukan tindik telinga sebaiknya dilakukan oleh Dokter/tenaga kesehatan yang biasa melakukan tindik telinga (Bidan/perawat).

    Bila luka tindikan yang terinfeksi sudah kering dan tidak memperlihatkan tanda infeksi seperti bernanah, kemerahan, nyeri maka Anda tidak perlu berkonsultasi ulang ke Dokter.

    Baca di sini mengenai Tindik Telinga.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

     

    Salam sehat, Dr. Caecilia Haryu Aryapti .