Tanya Dokter

  • Bekas tindikan telinga berdarah dan bernanah

  •  deffa12
    Anggota
    Selamat malam dok.. saya ingin bertanya nih.. kan 3 minggu yg lalu saya menindik telinga saya yng dkat bawah. Truss setelah 3 hari saya tidak memakai anting , pas ingin memakainyaa jadi berdarah dan bernanah di daerah belakang pada titik lubang tindikkannya yaa? Lalu saya ingin memakainya lagi malah tidak tembus sampai lubang belakang

    Hai,

    Perdarahan dan keluarnya nanah bekas tindikan telinga yang Anda maksud mungkin berkaitan dengan infeksi. Infeksi dapat terjadi karena luka / kerusakan kulit terkait tindikan telinga. Kesulitan untuk memasukkan anting mungkin disebabkan oleh pembengkakan jaringan lunak terkait dengan proses infeksi.

    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter. Melalui wawancara dan pemeriksaan fisik langsung, barulah diagnosis yang meyakinkan bisa dibuat dan pengobatan yang tepat bisa diberikan. Tergantung derajat keparahannya, penanganan dapat berupa pemberian antibiotik oles, antibiotik minum sampai tindakan pengeluaran nanah / pembedahan sederhana.

    Sementara waktu, Anda sebaiknya menghindari iritasi lebih lanjut pada bekas tindikan tersebut. Anda juga sebaiknya menjaga kebersihan kulit sekitar area yang sakit. Hindari mengoleskan zat bukan obat, mis. odol / minyak untuk mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma