Tanya Dokter

  • Cara meningkatkan nafsu makan dan tinggi badan

  •  Ririn Andri
    Anggota
    Dokter, anak saya perempuan umur 9 th, tinggi badan 115 cm, berat 16 kg, dan menurut saya tinggi dan berat badannya sangat jauh dari normal dan dibanding teman2nya dia paling kecil. Anaknya memang susah makan. Mohon bantuannya dokter, vitamin apa yang cocok untuk menambah nafsu makan dan tinggi badannya ? Terus kalo mau konsul, ke dokter mana yg paling tepat ? Saya sdh 2 kali ke dokter anak, jawabannya harus usahakan anaknya makan banyak dan selagi dia lincah dan gak sakit berarti normal, saya kurang puas dokter.. Mohon pencerahannya

    Hai Ririn,

    Perlu diketahui bahwa memang perkiraan berat badan dan tinggi adalah termasuk acuan untuk menilai tumbuh kembang anak, namun perlu diingat bukan berarti anak yang tinggi dan beratnya tidak sesuai memiliki masalah pertumbuhan. Berat dan tinggi dapat dinilai melalui kurva pertumbuhan untuk melihat apakah anak berada dalam index tubuh yang proporsional.

    Beberapa faktor lain seperti faktor genetik dari orang tua, asupan gizi yang buruk hingga adanya penyakit yang diderita saat ini dapat mempengaruhi tinggi dan berat anak sehingga tidak sesuai dengan kurva pertumbuhan yang seharusnya. Adanya faktor yang mendasari tentunya akan menghambat perkembangan secara motorik dan intelijennya, sehingga perlu pemantauan adakah gangguan pada interaksi sosial dan kecerdasannya.

    Apabila anak bergerak aktif, mampu berprestasi dan mengikuti pelajaran di sekolah sesuai dengan usianya, saya setuju dengan dokter yang telah Anda datangi. Yang perlu mendapat perhatian adalah angka kecukupan gizinya untuk menunjang pertumbuhannya. Perbanyak konsumsi makanan yang bergizi tinggi yang dapat Anda kreasikan agar anak berselera untuk makan, penuhi segala kebutuhan gizinya, atur kapan waktu ia perlu istirahat dan beraktifitas, tambahan vitamin atau suplemen dapat Anda berikan sesuai dengan instruksi dokter maupun yang dijual bebas di pasaran. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak subspesialis tumbuh kembang untuk mendapatkan pencerahan mengenai hal ini.

    Simak ulasan berikut tips cemilan sehat untuk anak 

    dan ini Trik mengakali anak susah makan.

    semoga bermanfaat,

    dr. Tantya