Tanya Dokter

  • Masih bisakah menambah tinggi dan berat badan?

  •  fadillahillma
    Anggota

    selamat siang dok, izin bertanya.. Saya berusia 19 tahun (menuju 20), apakah saya masih bisa bertambah tinggi badan? misal jarak 5 cm? Lalu perihal berat badan, kebetulan saya sebagai seorang muslimah, turun hampir 4.5 kg selama bulan puasa ini dari 55 kg. Apakah dengan minum air putih saat sahur sebanyak-banyaknya dapat menurunkan berat badan seketika menjadi misalnya 48 kg? saya takut justru terlalu banyak minum air putih bisa merusak ginjal. Benarkah begitu dok?

    Hai fadillahillma,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Berbeda dengan berat badan, pertambahan tinggi badan hanya terjadi pada rentang waktu tertentu, yakni akan terhenti pada usia 18 hingga 20 tahun. Pertumbuhan tinggi badan ini dapat terjadi jika lempeng epifisis di tulang panjang belum menutup. Penutupan lempeng epifisis ini berbeda-beda waktunya pada tiap orang, dipengaruhi oleh:

    • Genetik (keturunan)
    • Ras
    • Asupan gizi
    • Aktifitas dan olahraga
    • Cidera, atau penyakit lainnya

    Karenanya, apakah Anda masih dapat bertambah tinggi pada usia 19 tahun atau tidak? Kemungkinan bisa. Namun, seberapa banyak pertambahan tingginya, tidak dapat ditentukan. Hal ini tergantung dari berbagai faktor sebagaimana yang disebutkan di atas.

    Menurut berbagai literatur, mengkonsumsi cukup air putih memang bisa membantu menurunkan berat badan. Konsumsi air putih dilansir bisa mempercepat proses pembakaran kalori. Namun, hipotesis ini masih perlu diteliti lebih jauh kebenarannya. Yang jelas, dengan mengkonsumsi banyak air putih, maka Anda akan cenderung lebih cepat kenyang, sehingga jumlah makanan yang Anda konsumsi akan menjadi lebih sedikit. Hal inilah yang bisa menurunkan berat badan. Berapa besar penurunan berat badan yang bisa dihasilkan dengan mengkonsumsi air putih tentu bisa bervariasi. Namun, penurunan berat badan ini akan lebih optimal jika Anda juga mengimbanginya dengan pengaturan pola makan, olahraga, serta managemen stres yang baik. Konsumsi air putih, meski dalam jumlah banyak, tidak akan merusak fungsi ginjal.

    Sekian penjelasan dari kami. Semoga bermanfaat ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah