Tanya Dokter

  • Masa pemulihan tifus

  • Dok, selamat pagi. Saya ingin bertanya. Suami saya terkena tipes, sudah cek darah. Sudah agak lumayan tidak pusing lagi daripada hari sebelumnya. Tetapi kenapa badannya masih anget saja ya dok ? Apa perlu cek ke dokter lagi ? Atau memang seperti itu masa penyembuhan ? Terimakasih dok.
    Della Anggia Yasmin  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Della,

    Tifus atau demam tifoid merupakan infeksi yang disebabkan oleh Salmonella thypii yang menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Gejala dari tifus sendiri adalah demam bertahap di minggu pertama sampai umumnya 7-14 hari tetapi juga bisa lebih pendek atau lebih lama, demam terutama di sore dan malam hari, sakit kepala, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, pada anak sering mengalami diare dan pada dewasa sering kali mengalami konstipasi, sakit perut dan otot terasa sakit.

    Diagnosa tifus ditegakkan melalui wawancara mengenai gejala, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti lab darah. Jika sudah ditegakkan diagnosa tifus oleh dokter, dokter akan memberikan pengobatan baik untuk gejala yang timbul dan juga antibiotik untuk mengatasi bakteri penyebab tifus. Tifus tidak selalu memerlukan perawatan di rumah sakit terutama jika asupan makanan dan cairan baik.

    Untuk itu perlu mengonsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter, jika badan hangat upayakan mengukur suhu suami Anda agar lebih pasti, jika suhu badan diatas 37,5 maka dapat dikatakan demam sehingga perlu diberikan lebih banyak cairan, kompres, dan juga obat pereda demam seperti paracetamol. Cukup beristirahat, menjaga asupan nutrisi, makan dengan teratur, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta minum banyak air putih akan membantu proses pemulihan.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.