Tanya Dokter

  • Tips perawatan luka jahitan yang berair

  •  عان برس
    Anggota
    Dok saya udah 2 mnggu,mengalami luka jaitan,tpi sampai sat ini,luka jaitan nya msi berair dok,tepat nya di lutut dan di betis luka robek,gimana dong dok,agar luka jait ny cepat baik,soal nya kakk saya kaku,jadi nyA
    عان برس  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo عان برس,

    Luka pada penjahitan yang tidak kunjung membaik dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti jenis luka itu sendiri baik lokasi, kedalaman dan ukuran luka, perawatan luka yang kurang baik, kebersihan luka yang kurang baik, anjuran pengobatan yang tidak dilaksanakan dengan baik dan juga faktor lainnya seperti kondisi medis pemberat seperti penyakit diabetes.

    Untuk itu sebaiknya segera periksakan kondisi luka Anda pada dokter untuk dilakukan tindakan agar memperbaiki jaringan yang luka tersebut. Penjahitan bisa dilakukan dengan beberapa metode dan benang yang sifatnya dapat diserap tubuh dan tidak perlu dilakukan pengangkatan benang ataupun dengan benang yang tidak diserap tubuh sehingga perlu dilakukan pengangkatan benang. Jika dalam 2 minggu luka masih berair dan benang yang seharusnya belum dicabut masih tetap ada sebaiknya dilakukan pengangkatan dan dilakukan pembersihan luka untuk penanganan luka yang belum sembuh.

    Dokter juga selain melakukan pembersihan luka akan memberikan antibiotik minum yang harus di konsumsi sesuai anjuran. Jaga kebersihan luka dengan baik, upayakan mengganti perban setiap harinya agar luka tetap bersih dan kering. Asupan nutrisi juga perlu diperhatikan konsumsi makanan dengan protein tinggi dan juga vitamin C untuk membantu proses penyembuhan luka.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.