Tanya Dokter

  • Tips agar BB naik saat hamil dan selera makan

  •  Raudah Rockin
    Anggota
    Dok saya mau tanya skalian konsul jga ya, saya Raudah dari kalimantan saya berusia 20thun saat ini sya sdang hamil usia mesasuki ke8bulan,yg sya mau tanyakan knpa ya susah skli buat sya mnaikan bb sya pdhalkan saya stiap hari mengkonsumsi vitamin yg dikasih bidan, nah bb saya kan dibawah rata2 tuh kdg sya jga khawatir dok aplg inikan tinggal 1 bulan aja lg, gmna menurut dokter apa yg harus sya lakukan biar sya mau makan bnyak dn bayi saya diperut cepat besar dn mlahirkan normal dokter. Makasih

    Salam,

    Pada masa kehamilan, bumil diharapkan mencapai kenaikan berat badan sampai 12 kg sampai persalinan waktu normal. Dengan demikian, kenaikan berat badan sesuai usia kehamilan mempunyai kepentingan besar untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

    Bila usia Ibu saat ini berkisar 8 bulan kehamilan, maka diharapkan saat ini, kenaikan berat badan Anda berkisar 9kg-9.5 kg. Bila kenaikan berat badan Anda masih dibawah itu, maka Anda masih dapat mengusahakan dalam waktu 5 minggu selanjutnya. Yang perlu Anda ingat adalah, vitamin dari dokter ataupun bidan bukan sebagai alat ntuk meningkatkan berat badan kita atau kita tergantung dengan obat yang diberikan, namun kita harus memahami diri kita dan mengusahakan diri kita sediri untuk mencapai berat badan yang sesuai dengan umur kehamilan kita.

    Berat badan Ibu yang tidak seimbang terhadap usia kehamilan, beresiko menyebabkan berat badan lahir janin rendah, gangguan kesehatan pada janin, kelahiran prematur, serta resiko gangguan pertumbuhan bayi.

    Dengan demikian, Anda dapat mengusahakan kenaikan berat badan dengan cara:
    1. cukupi air putih

    2. tambahkan konsumsi jus buah segar

    3. cukupi kebutuhan makanan sehat, dan camilan sehat diantara waktu makan

    4. kurangi aktivitas berlebih yang banyak membakar kalori dan cadangan energi Anda

    5. hindari tidur larut malam

    6. hindari makanan yang meningkatkan kontraksi usus dan mengurangi serapan gizi makanan, seperti pedas, kopi, mie instan

    7. hindari stres

    Dengan demikian, Anda dapat merasa nyaman dalam masa kehamilan, serta mengusahakan persalinan yang normal dan ibu-bayi yang sehat.

    Konsulkan dengan dokter kandungan atau dokter ahli gizi di rumah sakit terdekat. Sehingga Anda mendapatkan dukungan medis untuk intake makanan sehat.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga nutrisi bumil.

    dr. Ulfi