Tanya Dokter

  • gejala tipus pada anak

  • dok,, anak saya gejala tipus, tadinya kalau makan sesuatu pasti perutnya nyeri,tapi sekarang tdk lagi, cuma skrg sering demam tinggi, kenapa dok,,?'?

    Hai, Jika panas dirasakan lebih dari 3 hari tanpa perubahan walaupun telah meminum obat sebaiknya segera periksakan anak Anda ke dokter. Panas merupakan reaksi tubuh yang muncul karena biasanya adanya infeksi pada tubuh. Jika panas dibiarkan berlarut tentu akan menyebabkan dehidrasi dan bisa mengganggu tumbuh kembang anak. Penyebab demam sangat bervariasi :

    1. Infeksi virus = flu, pilek, DBD, dll
    2. Infeksi bakteri = thypoid, ISK, dll
    3. Infeksi parasit = Malaria dll
    4. Dehidrasi
    5. Cuaca ekstrem
    6. dll
    Sehingga dibutuhkan pemeriksaan secara langsung pada anak Anda untuk mengetahui penyebab demam pada anak Anda. Jika Anda telah berobat ke dokter dan dikatakan gejala thypoid (tifus) maka demam memang biasa berlangsung kurang lebih 1 minggu dan akan membaik dengan segera (3-4 hari ) jika pengobatan telah diberikan. Adapun gejala umum tifoid adalah :
    1. Demam
    2. sakit kepala
    3. sakit otot
    4. mual-muntah
    5. mencret
    6. perut kembung / nyeri
    7. dll
    Jika demam tidak menurun dan membaik padahal telah diberikan pengobatan maka sebaiknya konsultasikan kembali keluhan anak Anda kepada dokter anak. Tifoid bisa memberikan komplikasi yang tidak menyenangkan, maka dari itu sebaiknya segera berikan pengobatan yang optimal dengan berkonsultasi ke dokter anak Anda.   Semoga bermanfaat.     dr. Yusi

    Untuk mengurangi demam Anda bisa melakukan :

    1. Kompres hangat anak Anda.
    2. Berikan cairan yang cukup banyak agar tidak dehidrasi
    3. Istirahat cukup
    4. makan gizi seimbang
    5. Konsumsi obat paracetamol sesuai dosis berat anak Anda
    6. pakaikan baju yang tipis namun cukup tertutup
    7. gunakan selimut tipis
    8. Peluk anak Anda untuk membantu menurunkan suhu
    9. Ganti pakaian anak jika terasa basah