Tanya Dokter

  • penyebab dan pengobatan penyakit tifus

  •  irma 23
    Anggota
    Pagi dok..saya wanita umur 23 thun..saya sakit tipus udah 13 hari padahal pengobatan udah saya lakukan di 3 dokter tp blm ada reaksi sembuh..tadi malam ada kepala puskesmas periksa ke rumah..tapi saya hanya d kasih obat...dan suami saya bilang kalo bisa hharus d rawat..saya takut dok untuk mauk rumah sakit..apabila saya d kasih infus/vaksin tifoid d rumah bisa gak yah...trimakasih
    irma 23  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Irma,

    Tifus merupakan infeksi pada saluran pencernaan karena kuman Salmonella typhi. Tifus bisa menimbulkan keluhan berupa demam lebih dari 7 hari, nyeri perut, kram perut, diare, konstipasi, mual, muntah, lemas, nyeri otot, pusing, dan perut keras seperti papan.

    Pemeriksaan untuk memastikan tifus adalah dengan wawancara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang misalnya dengan tes TUBEX dan tes widal. Pengobatan tifus adalah dengan antibiotik serta pengobatan penunjang seperti penurun demam, antimual muntah, anti nyeri.

    Proses penyembuhan tifus bisa berlangsung selama 1-2 minggu atau lebih bergantung pada kondisi masing-masing pasien termasuk penanganan yang didapatkan. Akan lebih baik jika Anda kontrol kepada dokter yang sama dulu atau jika berbeda dokter, sebaiknya Anda membawa obat dari dokter yang sebelumnya sehingga dokter tahu penanganan apa saja yang sudah Anda dapatkan.

    Untuk saat ini saya sarankan agar Anda minum obat yang diberikan oleh dokter dulu ya. Jika obat sudah habis tetapi keluhan Anda tidak juga membaik, barulah Anda kontrol kembali ke puskesmas. Dokter akan melakukan evaluasi terhadap hasil pengobatan Anda. Jika dari pemeriksaan belum ada perbaikan, maka dokter bila perlu bisa merujuk Anda ke rumah sakit agar bisa ditangani oleh dokter penyakit dalam. Untuk saat ini pemberian obat-obatan melalui infus, umumnya hanya bisa dilakukan di fasilitas kesehatan ya. Pengobatan rawat jalan atau di rumah adalah obat-obatan oral / minum, kecuali pada kasus tertentu, misalnya suntik insulin pada penderita diabetes yang memang bisa dilakukan dirumah sendiri.

    Anda jangan terlalu khawatir ya, untuk menunjang proses penyembuhan, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

    • Konsumsi makanan sehat dan bergizi yang tinggi kalori dan tinggi protein
    • Untuk awal-awal bisa mengkonsumsi makanan yang teksturnya lebih lunak dulu, kemudian tekstur bisa ditingkatkan secara bertahap
    • Istirahat cukup
    • Hindari melakukan aktivitas berat
    • Perbanyak minum air putih
    • Jangan terlamat makan, lebih baik jika makan sedikit tetapi sering
    • Cuci tangan dengan sabun untuk mengurangi potensi penyebaran infeksi

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Pengobatan tifus

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y