Tanya Dokter

  • telapak tangan sering berkeringat dan sering berdebar

  • Dok knpa telapak tangan sy sring brkeringat ? Jntung sya trasa brdebar jka mrsa cemas..jka ada fikiran ulu hti trasa perih,sesak napas,sakit kpla. Sy jg muda lelah. bln yg lalu sy msuk RS dan kta dokter sy skit gastritis...apa rsa brdebar dan tlpak tngan brkeringat sy brhubngan dgn sakit sya sblumnya ?

    Hai,   Membaca keluhan Anda sepertinya Anda mengalami kecemasan berlebih, karena gejala hanya timbul jika Anda merasa cemas atau bila sedang ada pikiran (stress). Normalnya saat seseorang merasa stress / berada dalam tekanan lebih maka jantung akan berdebar lebih cepat yang bisa menimbulkan keluhan keluar keringat berlebih, sering BAK/BAB, rasa seperti lemas, dll yang akan menghilang begitu tekanan / stress menghilang. Stress berlebih juga bisa menyebabkan produksi asam lambung naik dan ditambah hilangnya nafsu makan yang akan memperburuk kondisi lambung Anda. Selain itu jantung berdebar juga bisa disebabkan :

    1. Konsumsi kopi/alkohol berlebih
    2. Kadar elektrolit abnormal
    3. Anemia berat
    4. Dehidrasi berat
    5. Gangguan pada jantung seperti MCI , PJK(penyakit jantung koroner) dll.
    Untuk pemastian diagnosa sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat / psikiatri dan menyampaikan keluhan Anda secara mendetil. Dokter akan memeriksa kondisi fisik Anda dan melakukan pemeriksaan lain yang diperlukan seperti EKG, tes darah dll jika perlu. Penanganan akan disesuaikan dengan kondisi Anda dan keluhan Anda. Gastritis biasanya menimbulkan gejala seperti :
    1. Rasa tidak nyaman di lambung seperti perih / panas.
    2. Nyeri timbul setelah makan
    3. Nyeri bisa menjalar ke punggung, dada dan leher.
    Untuk menangani gastritis maka pemberian obat seperti Antasida dan alginat bisa membantu. Ditambah dengan perbaikan pola hidup/ diet seperti :
    1. Makan dengan porsi kecil tapi sering
    2. Hindari coklat, kopi, teh, alkohol, minumanbersoda dll
    3. Makan teratur dan tidak melewatkan waktu makan.
    4. Hindari stress
    5. Makan gizi seimbang
    6. Istirahat cukup
    7. Perbanyak buah dan sayuran.
    8. Hindari rokok
    Jika keluhan masih dirasakan maka obat resep dokter untuk membantu mengurangi gejala seperti lanzoprazol dan omeprazol akan diperlukan. Untuk ini berkonsultasilah dengan dokter terdekat Anda secara langsung.   Semoga membantu.   dr. Yusi