Tanya Dokter

  • Penyebab belum hamil setelah 2 tahun menikah

  • dok sya kn sdh 2thun mnkah tpi blum jg pnya anak , wktu bru* nikah kmrin sya minum pel kb andalan , trus sdh lpas , pmkaiain pel kb kmrin hnya 2 blan dok , n smpai skrng blum pnya jg , ap ini msih gejla dri pil kb itu dokkk ,

     

    Halo Ibu Lilis, 

    Kembalinya kesuburan setelah pil KB biasanya cukup cepat, bahkan bisa subur segera setelah berhenti pil KB, setelah kembalinya haid yang teratur. Meski begitu, efeknya pada tiap wanita berbeda-beda, bisa saja kesuburan kembali lebih lama. Kemungkinan efek pil KB bertahan lama hingga saat ini sangat kecil. 

    Agar kehamilan terjadi, tentunya perlu kerjasama antara Anda dan suami. Berikut ini usaha yang dapat dilakukan agar terjadi kehamilan: 

    • Berhubungan seksual secara teratur 3-4 kali seminggu atau setiap hari pada masa subur
    • Menjaga tubuh Anda dan suami tetap sehat dan prima, dengan tidak merokok, istirahat cukup, kendalikan stress dan makan makanan sehat gizi seimbang
    • Tidak menggunakan obat-obatan atau kosmetik tanpa resep dokter.
    • Hindari kosmetik, krim pemutih atau krim jerawat yang mengandung bahan-bahan seperti hidrokuinon, merkuri, antibiotik tetrasiklin, dan retinoid karena dapat membahayakan janin. 
    • Cukupi kebutuhan asam folat, dengan makan sayuran dan kacang-kacangan atau bisa juga dengan suplemen maupun susu prakehamilan. Untuk mendapatkan suplemen sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu. 

     

    Jika setelah satu tahun berhubungan seksual secara teratur 3-4 kali seminggu tanpa kontrasepsi namun belum hamil, sebaiknya ke dokter  kandungan karena mungkin saja ada gangguan kesehatan pada Anda ataupun suami yang dapat menghalangi terjadinya kehamilan. Dokter akan memeriksa Anda dan suami secara menyeluruh dengan pemeriksaan-pemeriksaan yang dibutuhkan misalnya pemeriksaan USG pemeriksaan TORCH, kualitas sperma, dan lain sebagainya. Setelah itu dokter dapat menentukan program yang sesuai dengan keadaan Anda dan suami. 

    Artikel terkait: 

    Merencanakan Kehamilan

    Masa Subur

    Infertilitas Pria

    Infertilitas Wanita

     

    Selain usaha-usaha di atas, jangan lupa berdoa ya, 

    dr. Mega